Tuesday, November 29, 2022

Mawar: Rosa untuk Kista

Rekomendasi

Batal operasi pengangkatan kista setelah konsumsi rutin seduhan kelopak bunga mawar.

Mawar Rosa sinensis bukan sekadar bunga untuk mengungkapkan cinta. Bunga yang telah dibudidayakan sejak 5.000 tahun lalu itu menjadi idaman di berbagai belahan dunia. Siapa sangka bunga itu juga menjadi bagian pengobatan dunia. Sejarah mencatat bahwa tanaman berduri itu juga menjadi kunci kekuatan  Inggris dalam aksi militer Perang Dunia II. Demi menjaga daya tahan tubuh, para tentara mengonsumsi ekstrak mawar setiap hari. Di negeri Tiongkok, mawar sebagai herbal untuk mengatasi berbagai penyakit terutama pencernaan sejak 5 tahun sebelum masehi (SM).

Rosnida Chaniago di Kota Bogor, Provinsi Jawa Barat, merasakan  khasiat mawar. Benjolan yang bersarang di luar rahimnya sejak Agustus 2012 sembuh dengan konsumsi seduhan kelopak mawar. Semula, wanita yang akrab dipanggil Nida itu tidak menyangka mengalami gangguan di bagian organ reproduksi. Sebab, ia tergolong rajin mengonsultasikan masalah kesehatan rahim ke dokter kandungan di sebuah rumahsakit di Bogor, Jawa Barat.

 

Rosnida Chaniago, batal operasi setelah mengonsumsi seduhan kelopak bunga mawarKista

Nida mulai mencurigai ada yang tidak beres terjadi di tubuhnya sejak menstruasi selama satu bulan penuh disertai rasa sakit di sekitar pinggul. Ia langsung memeriksakan kondisinya ke dokter di dekat rumahnya di Desa Ciherangpondok, Kecamatan Ciawi, Kabupaten Bogor. Dokter menuturkan bahwa itu merupakan dampak penggunaan alat kontrasepsi. Siklus menstruasinya terhenti setelah ia rutin mengonsumsi obat dokter itu.  Namun, keluhan sakitnya masih tetap terasa.

“Panas dan nyeri rasanya,” kata Nida yang merasakan sakit itu semakin menjadi-jadi usai bersebadan. Ia khawatir dengan organ reproduksinya. Itulah sebabnya Nida langsung menghubungi dokter kandungannya.  Hasil ultrasonografi (USG) menunjukkan bahwa ada benjolan kista di luar rahim sebelah kiri.  Perasaan takut dan cemas seketika itu menghantui Nida. “Khawatir jadi kanker,” katanya.

Ukuran kista Nida ternyata sudah mencapai 5 cm, dokter pun menyarankan Nida untuk segera menjalani operasi pengangkatan kista. Menurut dokter spesialis obsetri-ginekologi dari Rumahsakit dr Sardjito, Yogyakarta, dr M Nurhadi Rahman SpOG  kista adalah cairan yang terbungkus oleh suatu kantung tipis yang dapat tumbuh di bagian mana pun di tubuh. Kebanyakan masyarakat mengaitkan kista dengan kista yang hadir di indung telur atau biasa disebut kista ovarium.

Jenis kista itu memang lumrah dialami oleh wanita. “Prevalensinya  sekitar 7% dari populasi perempuan mengalami kista ovarium,” kata Nurhadi. Kista bisa menimbulkan sakit atau keluhan bilamana  terpuntir, pecah, tumbuh hingga melebihi 5 cm dan  tergolong ganas atau kistadenoma. “Penanganan untuk mengatasi kondisi itu ialah operasi,” kata Nurhadi.

 

dr Nurhadi Rahman SpOG, “ Sebaiknya wanita menjalani ultrasonografi secara berkala 1-2 tahun sekali untuk mengetahui kondisi kesehatan rahim.”Kelopak mawar

Nida enggan menjalani operasi karena takut terhadap proses pembedahan.  Padahal keluhan sakit di tubuhnya semakin parah. Ia kerap mengalami serangan nyeri mendadak di pinggul hingga menyebabkan lemas dan mengerang kesakitan. Nafsu makan pun berkurang karena mual dan lemas.

Berbagai pengobatan alternatif  pun coba ia tempuh. Namun, hasilnya nihil. Akhirnya ia menyerah dan memutuskan untuk menjalani operasi. Saat menunggu waktu yang tepat untuk menjalankan tindakan medis itu, tetangganya, Ujang Edi, tak sengaja berkunjung ke rumahnya. Nida kemudian menceritakan keluhannya kepada Edi. Ketika itulah Edi menyarankan Nida untuk  mengonsumsi seduhan kelopak mawar. Harapan sembuh pun kembali membuncah sejak Nida rutin meminum seduhan 10 kelopak mawar bersama 250 ml air hangat setiap malam.

Ia menggunakan jenis mawar yang biasa tumbuh di pekarangan. Tiga hari setelah rutin mengonsumsi, kondisi tubuh Nida pun membaik. Nyeri dan panas di sebelah bawah pinggul berangsur berkurang. Ia pun akhirnya urung menjalani operasi. Nida benar benar merasa pulih setelah sebulan mengonsumsi herbal itu. “Badan saya terasa ringan, siklus menstruasi saya pun kembali normal,” kata perempuan kelahiran 30 tahun silam itu.

 

Antioksidan

Menurut Nurhadi salah satu cara mencegah kista hadir di tubuh adalah  mengonsumsi antioksidan. “Antioksidan akan membantu menangkal radikal bebas yang merupakan salah satu pencetus kista, terutama yang mengarah keganasan,” kata dokter alumnus Universitas Gadjah Mada itu. Riset terbaru pada 2012 oleh Soni Himesh dari  Fakultas Farmasi Lakshmi Narain College, Bophal, India, membuktikan bahwa bunga mawar tokcer menangkal radikal bebas.

Dalam penelitian itu para periset menggunakan mawar jenis Rosa damascene. Mawar mengandung  senyawa kuersetin dan  flavanoid yang tinggi. Kedua senyawa ini merupakan antioksidan yang bertanggung jawab melawan efek karsinogen  penyebab kista.

Selain rajin mengonsumsi antioksidan, bergaya hidup sehat, olahraga teratur, tidak merokok, konsumsi makanan yang sehat merupakan cara untuk menjaga kesehatan organ reproduksi perempuan. Konsumsi sekuntum bunga mawar cara lain mencegah penyakit datang. (Nurul Aldha Mauliddina Siregar)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img