Monday, August 15, 2022

Menanam Dalam Kantong

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Full.pdfTeddy Soelistyo membudidayakan tanaman buah dalam kantong tanam atau planterbag. Menurut Teddy penggunaan kantong tanam ini lebih ekonomis dibandingkan dengan penggunaan pot, baik pot plastik, pot tanah liat, maupun dari drum bekas. “Pot berbahan plastik mudah rusak, pot tanah liat relatif mahal, sedangkan drum berbahaya jika dipindahkan,” kata Teddy.

Teddy pertama kali melihat planterbag pada 2013 di tempat rekannya. Ia tertarik dan langsung menggunakannya untuk seluruh tanaman di kebun miliknya. “Beberapa pehobi ada yang meragukan ketahanan planterbag. Namun, jika digunakan dengan baik dan benar bisa tahan hingga 5 tahun,” katanya.

Tren penggunaan planterbag menjadi peluang usaha baru bagi Teddy. Kini ia melayani permintaan planterbag dari para pehobi di dalam dan luar negeri. Sejak 2013 Teddy rutin mengekspor planterbag ke luar negeri rata-rata 1 kontainer setiap 3 bulan. “Permintaannya berbagai ukuran dari mulai kapasitas 15 liter sampai 300 liter,” kata Teddy. (Muhamad Fajar Ramadhan)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img