Sunday, May 19, 2024

Mengatasi Burung Perkutut Stres

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Banyak yang bilang perkutut mudah mengalami stres. Kata sebagian pakar, memang perkutut memiliki sensitivitas terhadap gangguan lumayan tinggi, yakni 50–60%. Gejalanya beragam, mulai dari mogok manggung, gelisah, bulu rontok hingga nafsu makan merosot.

Paling parah bila terlihat sakit sampai keluar berak hijau keputihan. Jika menemui gejala tersebut pada perkutut kesayangan, segera masukkan perkutut ke sangkar lalu dikerudung. Untuk menghangatkan kandang, dapat dipasang lampu 5 Watt, selain pemberian obat sampai sembuh.

Situasi kandang kurang kondusif ternyata ikut berperan. Contohnya, kehadiran binatang lain, yaitu kucing dan tikus. Bila kedua pengganggu ini banyak berkeliaran, salah-salah loncat ke atap kandang sehingga timbul suara gaduh. Ini memicu stres tambahan.

Sebaiknya, lingkungan kandang dikelilingi tembok tinggi dan rapat. Letak kandang yang kurang bagus juga berpengaruh. Angin kencang yang menerpa kandang atau kurangnya sinar matahari bisa menyebabkan stres.

Perhatikan arah angin ketika membangun kandang. Jangan lupa perbandingan atap kandang tertutup dan terbuka, sebaiknya 75% berbanding 25%. Selain sinar matahari leluasa masuk, sirkulasi udara pun akan lancar.

Kebanyakan stres menimpa kala perkutut berlaga di arena konkurs, misal akibat perjalanan menuju lokasi. Bila lokasi dekat, cukup memberi kerudung pada sangkar. Seandainya jauh, perkutut diletakkan di kotak kecil seukuran badan supaya tidak banyak bergerak.

Selain itu, sewaktu lomba seringkali perkutut stres. Kejadian ini biasa muncul karena perkutut yang dibawa lomba kurang ‘gaul’ hingga akan terlihat jalang. Perkutut yang stres waktu lomba memiliki mental jelek atau jam terbang rendah.

Sebaiknya, sebelum lomba sering digantang. Ekstremnya, kalau perlu digantang di tempat ramai seperti mal, biar mentalnya kuat. Cara menyertakan perkutut betina mendampingi sang jantan kala berunjuk gigi cukup manjur sebagai penghilang stres. Asal sudah jodoh, biasanya betina ikut juga digantang. Jadi, pesan dua tempat ketika bertanding.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img