Thursday, February 9, 2023

Mengatasi Tiga Masalah Seputar Penyakit Ayam dengan Mudah

Rekomendasi

Trubus.id — Sama seperti makhluk hidup lain, tak selamanya ayam ternak sehat. Terkadang, karena imunitas tubuhnya lemah, ayam menjadi sakit. Ada beragam penyakit yang berpotensi menyerang ayam. Untuk itu, peternak harus selalu menyiapkan cara untuk menangani saat ayam terserang penyakit.

Berikut ini tiga penyakit yang berpotensi menyerang ayam, serta kiat mencegah dan mengatasinya.

Flu burung

Serangan flu burung selalu mengintai ayam. Namun, peternak tidak perlu bingung, ada cara sederhana mencegah serangan flu burung. Peternak bisa mencampur racikan 3 lembar daun pepaya, 1 buah temu ireng, dan 1 buah kunyit.

Semua bahan digerus hingga halus, kemudian diperas airnya. Satu liter ramuan dicampur dengan tiga liter air, lalu diberikan sebagai air minum. Cara tradisional ini bisa dibilang ampuh menghalau flu burung dan penyakit lainnya.

Selain itu, tambahkan gerusan bawang putih ke dalam pakan ayam. Bawang putih dipercaya berkhasiat menjaga stamina dan ketahanan tubuh ayam.

Aflatoksin

Peternak ayam perlu hati-hati dalam memberi pakan. Apalagi jika pakan ayam sampai tercemar aflatoksin asal kapang Aspergillus flavus akan berdampak negatif untuk ayam. 

Kehadiran aflatoksin berbahaya karena menyebabkan bobot tubuh, produksi telur, dan daya tahan tubuh ayam turun. Ciri ayam terpapar aflatoksin terlihat dari warna hati pucat kekuningan dan tampak benjolan-benjolan seperti tumor pada permukaan hati.

Jika menemukan tanda seperti itu, solusinya adalah campur pakan dengan 0,2 persen serbuk sambiloto dan 0,5 persen serbuk jahe. Langkah itu bisa meminimalisir kehadiran aflatoksin.

Cacingan

Cacing pita, kremi, dan tambang merupakan musuh bagi peternak ayam. Serangannya menyebabkan produksi telur dan daging ayam turun. Solusinya, gerus setengah biji pinang hingga halus lalu campur dengan 10 ml air.

Cekoki ayam terserang dengan ramuan itu, lalu isolasi di kandang terpisah. Beberapa menit kemudian ayam akan mengeluarkan kotoran bercampur cacing. Berdasarkan penelitian, pemberian 40 persen biji pinang dalam air minum mampu menghentikan pertumbuhan cacing dan mengeluarkannya melalui kotoran.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Racikan Bahan Alami Berkhasiat Perlu Dilakukan Pengujian Terlebih Dahulu

Trubus.id — Apa saja yang dipetik dari alam tidak serta-merta tergolong jamu. Suatu racikan alami dari berbagai jenis daun,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img