Wednesday, September 28, 2022

Mengenal Durian Petruk, Durian Legendaris asal Jepara

Rekomendasi

Trubus.id — Indonesia memiliki beragam durian unggul yang sangat melegenda kiprahnya. Contohnya, durian petruk yang berasal dari Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Di sana, kelezatan durian petruk sangat populer dari mulut ke mulut, baik di kalangan maniak durian maupun masyarakat awam.

Dr. Reza Tirtawinata, salah seorang pekebun durian di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, berhasil menanam durian petruk di kebun pribadinya yang bernama Kebun Wa Reza.

Reza mengatakan di masa lalu nama petruk sering dicatut untuk melariskan durian-durian yang dijajakan di pinggir jalan di Jawa Tengah hingga Jabodetabek. Hal itu membuat ia tertarik menanam durian petruk. Kini, durian petruk di kebunnya berusia sekitar 40 tahun.

Tanaman di Kebun Wa Reza merupakan petruk tertua yang saat ini masih ada. Sayang, struktur tajuk petruk lemah karena tidak memiliki batang tegak alias mirip payung. Ciri khas lain tanaman petruk yakni berdaun terkulai.

Tinggi petruk di Kebun Wa Reza 18,5 m. Umumnya, buah petruk kecil berbentuk telur. Bobotnya 1–1,5 kilogram. Kualitas buah petruk di Kebun Wa Reza tidak sebagus di Jepara. Kemungkinan karena faktor agroklimat yang berbeda.

Jepara beriklim panas terik, tetapi air tetap tersedia. Sementara itu, di Bogor iklimnya lembap. Hujan juga sering mengguyur kebun di kaki Gunung Salak itu setiap hari kala musim durian tiba. Dampaknya, tingkat kemanisan durian petruk di Kebun Wa Reza rendah.

Menurut Reza, kualitas buah petruk sangat terpengaruh agroklimat sehingga harus ditanam sesuai agroklimat. Di agroklimat yang sesuai, cita rasa petruk manis, gurih dengan sedikit pahit. Warna daging buah kuning kunyit.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img