Wednesday, April 24, 2024

Meracik Silase Singkong Karet dengan Teknik Fermentasi Demi Ketersediaan Pakan Saat Kemarau

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Silase singkong karet dapat menjadi pakan hijauan pilihan peternak domba untuk ketersediaan saat kemarau. Singkong karet Manihot glaziovii dapat menjadi sumber hijauan. Kelebihan singkong karet tidak mudah terserang hama jika dibandingkan bahan lain seperti jagung.

Tanaman anggota famili Euphorbiaceae itu memiliki kandungan sianida tinggi. Jika diberikan segar dan kondisi ternak kurang optimal bisa menyebabkan sakit bahkan mati. Oleh karena itulah, perlu pengolahan agar gizi meningkat dan sianida turun. Caranya memfermentasi pakan.

Kadar air singkong karet di bawah 30% cocok sebagai bahan pakan silase. Jika kadar air terlalu tinggi malah menyebabkan pembusukan. Upaya mengoptimalkan menurunkan kadar air bisa dengan melayukan atau menyimpan pada suhu ruang beberapa jam sebelum dicacah.

Pembuatan pakan silase secara umum terbagi menjadi 6 tahapan. Keenam tahap itu antara lain pelayuan, pencacahan, pemberian agen hayati, meratakan, memasukan pada wadah, dan fermentasi.

Lama fermentasi lazimnya 3 hari hingga sepekan. Membuat silase dengan teknik fermentasi tentu butuh tambahan agen hayati. Pilihannya bisa membeli agen hayati pabrikan atau meracik sendiri dari berbagai bahan yang mudah ditemukan.

Menurut dokter hewan di Kota Malang, Jawa Timur, drh. Benediktus Bobby Chrisenta racikan agen hayati bisa menggunakan bahan kefir, molase, dan air dengan rasio 1 : 2 :10. Artinya 1 liter kefir, 2 liter molase, dan 10 liter air.

Peternak menambahkan agen hayati pada bahan hijauan setelah mencacah. Semprotkan cairan secara merata hingga bahan berembun sebelum menyimpan di ada wadah kedap. Waktu fermnetasi 3—7 hari, lalu simpan di wadah kedap udara. Ciri fermentasi berhasil pakan beraroma mirip tapai. Jika gagal aroma pakan berbau tengik.

Kontaminasi akibat terlalu banyak udara masuk pada wadah dan cendawan. Lazimnya kontaminasi hanya pada permukaan. Cirinya pada lapisan atas cacahan hijauan diselimuti serabut layakanya oncom. Bagian bawah masih bisa dipergunakan jika tidak ada serabut.

Cara Buat Silase Singkong

  1. Panen singkong karet dari daun hingga pangkal daun saat tanaman berumur 2—3 bulan. Layukan dahulu sebelum dicacah dengan menyimpan di suhu ruang selama 8—12 jam
  2. Cacah daun singkong hingga berukuran 1-3 cm.
  3. Semprot cacahan daun menggunakan agen hayati hingga lembap berembun.
  4. Aduk agar cairan merata pada tiap cacahan.
  5. Masukkan cacahan daun ke dalam tong kemudian tutup rapat.
  6. Jika berhasil akan tercium aroma seperti tapai. Jika gagal bahan fermentasi lazimnya berjamur dan berbau tengik.
  7. Pakan bisa disimpan hingga 1 tahun.
  8. Udara terlalu banyak dalam wadah mengurangi probiotik pada silase.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Lirik Potensi Briket untuk Shisha, Tom Cococha Baru penuhi 40% Permintaan dari Mancanegara

Trubus.id—Potensi briket arang kelapa kian menggeliat. Direktur Utama PT Tom Cococha Indonesia, Asep Jembar Mulyana, menuturkan briket arang kelapa...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img