Tuesday, July 23, 2024

Mudah dan Murah, Atasi Aeromonas Pada Ikan dengan Kulit Buah Naga

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Serangan Aeromonas hydrophila menjadi momok bagi pembudidaya ikan nila. Ir. Heny Suprastiyani, M.S menemukan cara mengatasi penyakit mematikan itu dari limbah buah naga.

“Saya melihat produksi buah naga di Indonesia melimpah,” tutur Heny.

Menurut Heny, pemanfaatan limbah kulitnya belum banyak. Padahal, kulitnya banyak mengandung zat bermanfaat, salah satunya untuk kesehatan ikan nila. Heny meriset sejak 2018 dengan menggunakan limbah buah naga daging merah.

Ia memulai dengan mengesktrak kulit buah naga menggunakan etanol 96% dengan perbandingan serbuk kulit buah naga dan etanol sebesar 1 : 3. Ia membuat 4 perlakuan untuk menemukan dosis yang tepat untuk melawan penyakit itu.

Keempat dosis itu adalah 6 ppm, 26 ppm, 46 ppm, dan 66 ppm. Mula-mula Heny melepaskan 10 ikan nila di media pemeliharaan yang sudah diberi bakteri A. hydrophila kepadatan 1 x 107 sel per ml. Setelah itu ia memasukkan ekstrak kasar kulit buah naga ke media pemeliharaan itu dengan empat dosis perlakuan.

Peneliti itu kemudian mengambil hati ikan sebagai sampel untuk melihat seberapa besar kerusakan jaringannya. Hasilnya dosis terbaik untuk mengatasi penyakit itu adalah 66 ppm ekstrak kasar kulit buah Hylocereus costaricensis. Nilai sintasan atau survival rate ikan nila yang direndam ekstrak 66 ppm mencapai 90%.

Dosis terendah 6 ppm mampu meningkatkan sintasan hingga 60%. Pada prinsipnya makin tinggi dosis yang diberikan makin ampuh mengatasi penyakit itu. Menurut Heny perlu dilakukan riset lagi untuk mengetahui dosis optimal. “

“Nanti kalau sudah ditemukan dosis optimal, dosis selanjutnya akan menurun kefektifannya,” ujar pengampu mata kuliah Manajemen Kesehatan Ikan itu. Berikut cara sederhana ekstrak kulit buah naga.

Ekstrak Kulit Buah Naga

  1. Cara sederhana untuk mendapatkan ekstrak kulit buah naga merah dengan memblendernya. Untuk 10 liter air kolam, Heny menyarankan memblender sekitar 1.320 mg kulit buah naga merah.
  2. Jika sudah jadi, tuang jus kulit buah naga merah itu ke dalam kolam ikan yang terserang aeromonas. Proses perendaman ikan selama 24 jam. Dampaknya serangan aeromonas pun bablas alias lenyap.
  3. Setelah itu air kolam bisa diganti dan ikan akan sehat kembali.

Duduk perkara kulit buah naga ampuh melawan A. hydrophila karena zat yang terkandung di dalamnya. Kulit buah naga merah kaya akan flavonoid dan alkaloid. Dua zat itu bersifat antibakteri.

Ia berharap, hasil riset itu membantu para peternak ikan untuk mengatasi penyakit akibat bakteri A. hydrophila dengan cara yang mudah dan murah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img