Sunday, June 16, 2024

Olah Kulit Nanas jadi Pakan Domba

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Jangan buang kulit nanas! Ya, karena kulit nanas dapat menjadi pakan domba. Kulit nanas itu melalui proses fermentasi. Pengalaman beberapa peternak yang pernah memberikan pakan fermentasi kulit nanas, aroma kotoran tidak terlalu menyengat.

Menurut dokter hewan di Kabupaten Bogor, Jawa Barat, drh. Ifan Aria Munandar, rumput pakan terbaik untuk domba. Namun, jika hijauan kurang peternak boleh memberikan pakan fermentasi untuk domba.

Alumnus Fakultas Kedokteran Hewan, Institut Pertanian Bogor itu mengatakan, jika tidak ada masalah berarti pada ternak, pemberian pakan fermentasi bisa dilanjutkan.

Peternak tidak mesti selalu memanfaatkan kulit nanas. Peternak bisa memanfaatkan berbagai limbah sebagai campuran pakan sesuai dengan ketersediaan di tiap daerah seperti limbah roti atau bungkil kedelai. Pengadaan bahan pakan dengan jarak di atas 30 kilometer tidak ekonomis.

Olah Kulit Nanas untuk Pakan Ternak

  1. Siapkan kulit nanas dan jerami padi dengan perbandingan 1:1. Cacah halus kulit nanas dan jerami padi.
  2. Tambahkan molase atau gula 5% dari campuran total.
  3. Tambahkan dedak padi sebanyak 10% dari campuran total.
  4. Tambahkan sedikit garam dan starter bakteri atau suplemen organik cair agar terjadi fermentasi dosis sesuai dengan anjuran pada lebel tiap produk.
  5. Fermentasi pada tong plastik (biru ukuran 100 liter) selama 3—5 hari.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img