Tuesday, April 16, 2024

Olahan Keripik Kulit Semangka Lezat dan Renyah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Jangan buang kulit semangka! Ya, karena dapat menjadi mendatangkan cuan. Pemuda asal Desa Gayam, Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri, Jawa Timur, Ilham Imani mengolah keripik kulit semangka.

Caranya dengan  mengiris tipis, mencuci, dan menjemur kulit semangka hingga kering. Setelah itu Ilham melumuri kulit semangka dengan tepung yang dicampur bumbu dan menggorengnya hingga renyah. Kemudian ia mencampurkan keripik kulit semangka itu dengan berbagai rasa seperti balado dan sapi panggang.

Menurut Erlyani Dwi Astuti dari Program Studi Farmasi, Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Borneo Lestari, Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, berdasarkan hasil skrining fitokimia jus kulit putih semangka mengandung senyawa fenolat yang bersifat antioksidan.

Senyawa fenolik berkhasiat sebagai antioksidan dengan cara menghambat proses oksidasi oleh radikal bebas. Kemampuan senyawa fenolik sebagai antioksidan banyak dilaporkan oleh berbagai penelitian.

Sayang, keripik kulit semangka produksi Ilham belum memperhatikan efek pemanasan selama penggorengan terhadap senyawa aktif yang berfaedah bagi kesehatan. Menurut Tisa Putri Sekararum dari Program Studi Teknik Kimia, Fakultas Teknik, Universitas 17 Agustus 1945, Semarang, Jawa Tengah, senyawa aktif yang terkandung dalam semangka yaitu zat citrulline.

Senyawa itu bermanfaat bagi jantung, sistem peredaran darah, dan kekebalan tubuh. Istimewanya, zat itu ternyata lebih banyak terdapat pada kulit ketimbang daging buah. Dikhawatirkan panas yang tinggi akibat penggorengan merusak rasa, aroma, warna, dan nutrisi.

Untuk mengatasinya dapat menggunakan mesin penggorengan hampa (vacuum fryer). Penggorengan hampa dilakukan dalam ruangan tertutup dengan kondisi tekanan rendah. Menurut Tisa suhu paling optimal saat penggorengan kulit semangka dengan alat penggorengan vakum yakni 75oC dengan waktu penggorengan selama 40 menit.

Dengan kondisi itu didapat 3,1 gram senyawa citrulline per 100 gram kulit buah semangka. Hubungan antara rendemen dan kadar senyawa citrulline terhadap temperatur dan waktu penggorengan keripik kulit semangka berbanding terbalik.

Makin lama penggorengan dan makin tinggi suhu makin sedikit rendemen dan kadar senyawa citrulline. Semoga di masa mendatang Ilham menggunakan penggoreng hampa. Dengan begitu ia dapat memproduksi keripik kulit semangka yang tidak hanya enak, tetapi juga sehat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kiat Mengubah Kediaman Pribadi Menjadi Rumah Walet Produktif

Trubus.id— Memodifikasi rumah tinggal menjadi rumah walet sangat memungkinkan. Hal terpenting yang mesti diperhatikan yakni lokasi itu merupakan habitat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img