Friday, December 9, 2022

Para Pendamping Kristal

Rekomendasi
Isto Suwarno menanam jambu kristal tumpangsari dengan sayuran
Isto Suwarno menanam jambu kristal tumpangsari dengan sayuran

Beberapa pekebun menumpangsarikan jambu kristal mereka memperoleh laba ganda.

Di antara deretan pohon jambu kristal itu tumbuh subur bawang daun dan sawi yang menghijau. Sayuran daun itu hidup nyaman di antara rimbunnya jambu kristal di kebun milik Isto Suwarno di Desa Mlilir, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah.

Lahan itu sebelumnya memang kebun sayuran yang digunakan orangtua Isto sejak 1950-an. Desa Mlilir sohor sebagai sentra sayuran. Pada 2010 Isto menanam 300 jambu kristal di kebun itu. “Jadi saya memanfaatkan jambu kristal sebagai tanaman sela di antara sayuran,” katanya.

Pekebun 54 tahun itu tertarik mengebunkan jambu kristal karena berasa manis, renyah, dan nyaris tanpa biji. “Dengan keunggulan itu jambu kristal pasti diterima pasar,” kata Isto. Ia mengenal jambu kristal dari adiknya di Semarang, Jawa Tengah, Suko Budi Prayoga. Semula Isto meremehkan jambu kristal karena dinilai kurang ekonomis. “Jambu kok ditanam,” ujarnya. Namun, setelah lidah Isto mencecap daging buah jambu, ia langsung tertarik mengebunkan.

Penghasilan ekstra

Isto lantas memesan 500 bibit hasil okulasi setinggi 60 cm ke Suko Budi. Sebanyak 200 bibit ia tanam di Klaten, Jawa Tengah, sedangkan 300 bibit sisanya ia kembangkan di Desa Mlilir di lahan seluas 3.500 m2. Isto tak ingin mengubah fungsi lahan yang semula ditanami sayur-mayur itu. Oleh karena itu ia tetap bertanam sayuran. Isto menanam jambu kristal di beberapa titik dengan jarak tanam teratur yakni 3 m x 3 m.

Langkah pertama Isto menyiapkan lubang tanam berukuran 60 cm x 60 cm. Setelah itu ia membenamkan 25 kg pupuk kandang, lalu menuangkan air ke dalam lubang tanam hingga penuh agar pupuk menyatu dengan tanah. Selanjutnya Isto mendiamkan lubang tanam itu hingga sebulan. “Tujuannya agar pupuk dan tanah menyatu hingga unsur hara siap tersaji untuk tanaman,” ujar pemilik Nursery  Telaga  itu.

Sambil menunggu lubang tanam siap pakai, ia mengadaptasikan bibit yang baru dibeli. Caranya pehobi bulutangkis itu menambahkan media tanam ke bibit yang kekurangan media, kemudian meletakkan bibit di bawah naungan dan menyiramnya setiap hari. Setelah lubang tanam siap, ia lalu menanam bibit.

Sebagai sumber nutrisi Isto memberikan 25 kg pupuk kandang 3 kali setahun dan 2 sendok makan NPK per pohon sebanyak 6 kali. Dengan perlakuan itu jambu kristal tumbuh subur. Pada umur setahun tanaman belajar berbuah. “Pada panen perdana rata-rata setiap tanaman menghasilkan 4 kg buah. Namun, separuh hasil panen tidak terjual karena serangan lalat buah,” ujarnya.

Dengan harga jual Rp10.000 per kg, Isto mendapat omzet Rp6-juta dari panen perdana jambu kristal. Dari kebun itu Isto juga memanen 450 kg bawang daun setiap 60 hari dan menjualnya dengan harga Rp6.000/kg sehingga omzetnya Rp2,7-juta.

Setiap 40 hari Isto juga mendapat omzet Rp1,8-juta dari hasil penjualan 300 kg sawi yang dijual Rp6.000/kg. Pendapatan lain dari hasil penjualan 100 kg seledri senilai Rp400.000 yang dipanen 5 bulan sekali. “Dengan sistem seperti ini saya tetap mendapat penghasilan sambil menunggu jambu kristal berbuah,” ucap Isto.

Seiring bertambahnya umur tanaman, penghasilan Isto dari penjualan jambu kristal terus meningkat. Kini Isto memanen 10—15 kg jambu kristal per tanaman berumur 3 tahun atau 3—4,5 ton sekali panen.

Panen cepat

Isto bukan satu-satunya pekebun yang menanam jambu kristal tumpangsari. Nun di Cikarawang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Anom Wiratmoyo, mengebunkan 600 tanaman jambu kristal di lahan 3.500 m2 dengan jarak tanam 2,5 m x 3 m. Saat ini umur jambu kristal baru 4 bulan setelah tanam. “Sebagai sumber pendapatan sementara sebelum jambu kristal berbuah, saya menanam bengkuang di antara pohon jambu kristal,” ucap Anom. Bengkuang dapat dipanen 8—10 bulan setelah tanam.

Di Desa Kenteng, Kecamatan Bandungan, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, ada Joseph Sindu Isworo yang mengebunkan 60 tanaman jambu kristal pada awal 2013. Sindu menanam jambu kristal di antara tanaman buah lain seperti lengkeng new kristal, jeruk chokun, avokad florida, dan srikaya australia. Di kebun Sindu peran jambu kristal justru menjadi penopang pendapatan sambil menunggu tanaman buah lain berbuah. Harap mafhum, di antara tanaman buah di kebun Sindu, hanya jambu kristal yang masa berbuahnya paling cepat, yakni kurang dari setahun. Tanaman buah lain seperti lengkeng, avokad, dan srikaya biasanya baru berbuah setelah berumur 1,5—3 tahun.

Dosen Produksi Tanaman Departemen Agronomi dan Hortikultura Institut Pertanian Bogor, Dr Ir Ketty Suketi MSi mengatakan sejatinya jambu kristal bisa ditanam monokultur atau tumpangsari dengan tanaman lain. Jambu kristal bisa juga menjadi tanaman sela. Mana yang lebih baik? Menurut Ketty penanaman jambu kristal monokultur dan tumpangsari sama baiknya. “Itu tergantung selera pekebun,” kata perempuan  52 tahun itu.

Menurut Ketty membudidayakan jambu kristal di antara sayuran seperti yang Isto lakukan sah-sah saja. “Sebaiknya jarak tanam jambu kristal lebih renggang agar sayuran di bawah tidak ternaungi,” ucap Ketty. Pemupukan juga harus diberikan untuk kedua komoditas. “Jangan hanya mengandalkan pemupukan dari satu komoditas karena masing-masing tanaman membutuhkan nutrisi sendiri untuk tumbuh dan berkembang,” tuturnya.

Pemilihan jenis tanaman sebaiknya juga mempertimbangkan kesesuaian dan keuntungan bagi pertumbuhan jambu kristal. Contohnya tumpangsari dengan tanaman keluarga kacang-kacangan atau Fabaceae seperti hasil penelitian R S Negi dan rekan dari Deendayal Research Institute, India, yang dipublikasikan di Life Science Bulletin.

Hasil penelitian itu menunjukkan kombinasi jambu dengan kacang tunggak-mustar dan okra-gram meningkatkan pertumbuhan tanaman dan buah masing-masing 8,18 ton/ha dan 8,08 ton/ha. (Riefza Vebriansyah/Peliput: Andari Titisari)

FOTO:

  1. Isto Suwarno menanam jambu kristal tumpangsari dengan sayuran
  2. Bawang daun di antara jambu kristal di kebun Isto
  3. Pekebun mulai banyak membudiayakan jambu kristal karena perawatannya mudah
  4. Pilihan lain tumpangsari jambu kristal dengan bengkuang
  5. Sindu menanam jambu kristal dan aneka buah lain di satu lokasi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Mentan Ingin Produk Hortikultura Segera Tembus Pasar Mancanegara

Trubus.id — Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menginginkan produk hortikultura, seperti buah dan sayur bisa tembus pasar mancanegara. Mengingat,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img