Wednesday, August 10, 2022

Paruh Bengkok pun Patuh

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

 

Budridger (kanan) dan parkit (kiri), jinak dalam waktu 1—2 pekanSenegal, pura-pura matiDengan ketekunan cockatiels dapat dilatih memanjatPotong bulu burung di kedua sayap dan tinggalkan 2 bulu paling luar agar burung tidak terbang jauhBagi orang awam seperti Trubus, pertunjukan itu mengundang decak kagum. Mafhum selama ini lovebird bukan burung patuh seperti amazon dan african grey. Agapornis lebih dikenal sebagai burung hias dan belakangan dikonteskan sebagai burung berkicau.

Meski demikian, menurut Rudi – panggilan akrab – sebetulnya lovebird memiliki kemampuan adaptasi tinggi sehingga mudah menjadi penurut. ‘Ia pun cukup pintar,’ kata ayah 2 anak itu. Oleh sebab itu tidak mustahil lovebird dilatih untuk patuh. ‘Komando patuh setelah dilatih selama sebulan,’ ujar Rudi. Latihan kepatuhan dapat dikombinasikan dengan ketangkasan seperti yang diterapkan pada parkit, cockatiels, macaw, dan senegal. Sebut saja latihan memanjat, bersalaman, dan mengayuh skateboard. Apalagi paruh bengkok termasuk salah satu dari 10 makhluk terpintar di dunia, selain anjing, paus, gurita, dan lumba-lumba.

Jinak

Sama seperti anjing, kucing, bahkan kelinci, melatih burung paruh bengkok seperti lovebird butuh kesabaran dan ketekunan. Awalnya Rudi melakukan pendekatan kepada Oman, panggilan akrab Komando, dengan cara diajak berbicara. ‘Selanjutnya ia pelan-pelan diberi pakan dengan tangan sambil dipanggil namanya,’ kata pria penghobi serama itu. Tujuannya agar lovebird percaya bahwa manusia tidak akan menyakiti. Setelah merasa aman, burung mudah dilatih.

Penjinakkan burung paruh bengkok tergantung sifat dan latar belakang kehidupan si burung. ‘Burung budidaya lebih cepat jinak ketimbang tangkapan alam,’ kata Rudi. Untuk menjinakkan cockatiels, lovebird, dan budridger, Rudi perlu waktu 1 – 2 pekan. Sementara senegal dan parkit ringneck sekitar 1 – 2 bulan. ‘Bila burung paruh bengkok sudah pernah disakiti, perlu waktu lebih lama lagi supaya kepercayaannya pada manusia muncul lagi. Itu prosesnya bisa bertahun-tahun,’ tambahnya.

Setelah jinak hingga tingkat hand tame – berdiri di tangan pemilik – lovebird bisa dilepas di dalam rumah agar berinteraksi dengan anggota keluarga. Dengan begitu saat diajak ke luar rumah ia tidak kaget bertemu dengan banyak orang. Sebelum dilepas, bulu kedua sayap perlu dipotong hingga tersisa 2 bulu paling luar supaya burung tidak terbang jauh. ‘Memotong bulu burung sama seperti memotong rambut pada manusia, tidak menyakitkan,’ kata Rudi. Pemotongan bulu diulang setiap 2 – 3 bulan.

Penghargaan

Berikutnya proses pelatihan sesuai kemahiran yang diinginkan. Contoh angkat kaki. Caranya tekuk jari telunjuk tangan kanan lalu ayunkan di depan burung sambil memberikan aba-aba ‘angkat kaki’. Semua itu berlangsung di tempat sunyi tanpa kehadiran burung lain supaya konsentrasi burung tidak buyar.

Latihan dilakukan 1 – 2 kali sehari berdurasi 15 – 30 menit. Frekuensi latihan bisa ditingkatkan dengan durasi waktu lebih pendek. Latihan dianjurkan sesering mungkin agar lekas berhasil. ‘Dalam waktu 2 – 3 minggu Oman sudah mau angkat kaki saat diperintah,’ ujar Rudi.

Selama melatih disarankan aktif memanggil nama burung. ‘Tujuannya agar burung tahu nama yang disebutkan itu adalah namanya,’ kata Rudi. Sama seperti kucing dan kelinci, burung juga menyukai hadiah. Oleh karena itu berikan hadiah berupa pakan setiap ia berhasil melakukan perintah. Selain pakan, berikan juga ia pujian sambil mengelus lembut bagian kepala dan leher.

Pilih jenis

Agar optimal, proses latihan disesuaikan dengan karakter dan sifat burung. Parkit, budridger, cockatiels, dan macaw pintar bermain trik seperti memanjat tali dan naik tangga. Sementara, ‘Dalam hal meniru suara, african grey, amazon, dan kakatua paling jago,’ kata Hery Alamsyah, kolektor paruh bengkok di Joglo, Jakarta Barat.

Yang istimewa african grey bisa memiliki perbendaharaan hingga 1.000 kata. ‘Tapi, kemahiran itu bergantung kepada intelegensia burung bersangkutan,’ ujar Dr Siti Nuramaliati Prijono, kepala Puslit Biologi, LIPI yang juga ahli burung paruh bengkok di Bogor, Jawa Barat, itu. Amazon lebih interaktif ketimbang african grey. ‘Jika kita ajak amazon mengobrol ia langsung bersuara, sementara african grey diam mengamati,’ ujar Hery.

Semakin dini latihan diberikan semakin bagus. ‘Untuk burung paruh bengkok kecil, seperti parkit, lovebird, dan budridger dapat dilatih sejak berumur 2 – 3 bulan atau setelah lepas sapih,’ kata Rudi. Dengan kesabaran dan ketelatenan, bukan mustahil burung paruh bengkok Anda patuh seperti Oman. (Rosy Nur Apriyanti)

 

Latihan dilakukan 1 – 2 kali sehari berdurasi 15 – 30 menit

Budridger (kanan) dan parkit (kiri), jinak dalam waktu 1 – 2 pekan

Potong bulu burung di kedua sayap dan tinggalkan 2 bulu paling luar agar burung tidak terbang jauh

Senegal, pura-pura mati

Dengan ketekunan cockatiels dapat dilatih memanjat

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img