Saturday, December 3, 2022

Pasar Puring Bergairah Lagi, Permintaan Banyak yang Belum Terpenuhi

Rekomendasi

Trubus.id — Pasar ekspor menunggu pasokan puring. Penjualan di dalam negeri pun cenderung membaik. Salah seorang yang kerap mengekspor puring adalah Febi Irawan, pehobi puring di Kabupaten Kediri, Jawa Timur.

Ia mendapatkan pesanan 2.000 batang puring ke mancanegara pada 2019, dengan negara tujuan ekspor yakni Filipina, Rusia, dan Malaysia. Negara yang paling banyak mengimpor puring adalah Filipina.

“Sekali order bisa 1.000 batang,” kata Febi.

Menurut Febi, penggemar puring di mancanegara menyukai puring berdaun lebar dari Indonesia dengan keragamannya yang tinggi. Fenomena itu bisa menjadi kesempatan bagi pelaku puring di Indonesia.

Harap mafhum, negara pesaing seperti Thailand memproduksi puring daun lebar sedikit. Thailand dikenal sebagai negara penghasil puring berdaun bulat.

Febi pun membidik pasar lokal seperti Sulawesi, Kalimantan, Sumatra, dan Jawa Timur. Ishak, pehobi puring senior di Kediri, Jawa Timur, juga mendapatkan pesanan 2.000 puring dari Thailand per bulan.

Sayang, permintaan itu belum bisa dipenuhi karena terkendala birokrasi. Pehobi puring di Thailand menginginkan puring berdaun lebar. Harga puring setinggi 15 cm di petani Rp50.000–Rp100.000. Harga tanaman bisa naik 10 kali lipat untuk pasar ekspor.

Indra Kesuma, pehobi puring di Banyuasin, Sumatra Selatan, pun terpikat potensi puring. Indra memulai bisnis puring pada 2019. Ia membidik pasar lokal dengan mengandalkan pemasaran lewat media sosial.

Meskipun baru 3 tahun berkecimpung di dunia puring, Indra mendapatkan penawaran dari konsumen di mancanegara. Penawaran itu datang dari konsumen di Singapura, Rusia, Amerika Serikat, dan Kongo.

Namun, Indra belum menyanggupi karena terkendala teknis dan birokrasi. Sejatinya, tidak hanya pasar ekspor yang kesengsem puring asal Tanah Air. Tren puring di Indonesia pun terus membaik, baca lebih lanjut liputan seputar peluang bisnis puring di Majalah Trubus Edisi 636 November 2022.

Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 mengulas tuntas tren peluang bisnis puring. Segera dapatkan Majalah Trubus Edisi 636 November 2022 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Alasan UGM Mendorong Konversi LPG ke Kompor Listrik

Trubus.id — Ketergantungan penggunaan kompor gas LPG terus meningkat. Itu yang menjadi salah satu alasan Pusat Studi Energi (PSE)...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img