Friday, May 24, 2024

Pekebun Kembangkan Banyak Jenis Pohon Durian di Satu Lahan

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—  Pekebun di Bangka, Provinsi Bangka Belitung, Bahar Buasan menanam empat jenis durian dalam satu lahan. Di tanah 33 hektare Bahar menanam durian super tembaga, namlung, ochee, dan musang king.

Populasi super tembaga mendominasi. Pekebun durian di Subang, Jawa Barat, Dedi Sumardi juga menanam empat jenis durian komersial yakni ochee, musang king, bawor, dan super tembaga di satu lahan.

Dedi mengebunkan 300 pohon durian. Dari jumlah itu ochee mendominasi dengan populasi 150 tanaman. Dengan kata lain, ochee menempati porsi 50% dari total populasi.

Pekebun lain di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, Tri Adi Setiawan, juga memilih ochee, musang king, dan bawor. Tri tertarik mengembangkan ketiga jenis durian itu karena harga tinggi.

Ochee menguasai 60% dari total populasi durian di kebun Tri. Tri Adi menuturkan, ketiga jenis durian itu memiliki harga jual tinggi. Ochee paling tinggi nilai jualnya yakni Rp140.000 per kg (harga per Maret 2023).

Sementara harga musang king Rp120.000—Rp125.000 per kg dan bawor Rp80.000— Rp90.000 per kg. Perbedaan pemilihan durian dalam satu area tanam merupakan kewajaran.

Ada banyak faktor yang memengaruhi seperti target pasar, modal, kesesuaian lahan, dan kecocokan agroklimat kebun. Bagi pekebun di Baros, Provinsi Banten, M. Hengki Massie, musang king merupakan durian andalan.

Hengki meyakini hingga 10 tahun ke depan musang king tetap juara. Durian introduksi itu dikenal mudah beradaptasi di lingkungan baru dan berbuah produktif. Oleh sebab itu, Hengki memilih musang king yang lebih banyak ditanam di kebun. Hengki menanam 500 pohon durian di lahan 3,5 hektare.

Selain musang king, ia juga menanam bawor dan ochee. Persentase populasi durian di kebun Hengki adalah 40% musang king, 30% bawor, dan 30% ochee.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img