Tuesday, November 29, 2022

Pendatang Baru di Jagad Maskoki

Rekomendasi

 

Ryukin kaliko itu sangat istimewa. Selain coraknya di luar kelaziman, punuknya pun meninggi. Punuk itu tumbuh tinggi saat maskoki berumur 3 bulan. Sejatinya, punuk itu mulai tampak saat berumur 5-6 bulan. ‘Ini karena salah satu induk yang dipakai ryukin sakura,’ kata Ever. Ryukin sakura dari Jepang diketahui memiliki punuk tinggi pada umur muda.

Menurut pemilik Weyver Goldfish itu ryukin kaliko blue muncul dari hasil silangan-silangan 15 ryukin tricolor berukuran 10 cm yang didatangkan dari Thailand. Enam bulan dipelihara ikan-ikan itu mencapai ukuran induk sepanjang 20 cm. Saat itulah kaliko blue disilangkan dengan mereka. Hasilnya disilangkan kembali dengan ryukin sakura yang sudah diternak terlebih dahulu. ‘Ryukin sakura sebenarnya dipakai untuk menetralkan warna tricolor yang terlalu kuat,’ ujar alumnus Fakultas Ekonomi Universitas Maranatha di Bandung itu.

Setelah berkali-kali disilangkan, setahun kemudian, pada pertengahan 2007, diperoleh 30-50 ryukin kaliko blue. Kaliko-kaliko biru itu selanjutnya diseleksi lagi untuk memperoleh calon indukan yang bisa mewariskan sifat warna stabil. ‘Sebelumnya dari penyilangan ryukin tricolor dan ryukin sakura dihasilkan 10-20% ryukin yang ada semburat biru,’ katanya. Nah dari induk hasil seleksi itu kini sudah diperoleh sekitar 300 ryukin kaliko blue beragam ukuran mulai dari 2,5 sampai 5 cm.

Mutiara demekin

Di Bintaro, Tangerang, YB Hariantono juga berhasil mendapatkan maskoki silangan baru yang diberi nama mutiara demekin pada Oktober 2007. Mutiara demekin lahir dari jantan mutiara tikus dan betina demekin, atau sebaliknya. Sayang saat dihubungi YB Hariantono belum mau menjelaskan persentase anakan yang dihasilkan dari perubahan komposisi jantan dan betina. ‘Butuh waktu selama 2 tahun dan sekitar 6 kali penyilangan untuk mendapat mutiara demekin,’ ujar Hari. Yang jelas istimewa dari maskoki ini adalah tubuh bulatnya seperti bola bekel.

Mutiara demekin belum dilepas ke pasaran karena sifat gen belum stabil – mata kiri dan kanan tidak seimbang-meski begitu yang menginden sudah mengantre. ‘Banyak kolektor-kolektor yang berulang kali menanyakan kapan ikan itu akan dilepas ke pasaran,’ ujar karyawan Bank Permata itu.

Menurut Kris S. Widjojo, kolektor di Jakarta Barat, mutiara demekin memang istimewa. ‘Mukanya runcing. Ciri itu sudah tak seperti demekin yang berujung muka tumpul,’ ujar Kris. Mutiara demekin dan ryukin kaliko blue adalah beberapa jenis silangan lokal baru yang akan menyemarakkan pasar maskoki lokal, bahkan mancanegara. Jenis lain yang siap dirilis adalah blue oranda solid dan ryukin butterfly kaliko. (Lastioro Anmi Tambunan)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img