Sunday, June 23, 2024

Penelitian Ilmiah Daun Trembesi Berpotensi Antidiabetes

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Trembesi berpotensi sebagai antidiabetes. Periset dari Program Studi Farmasi, Politeknik Bina Husada Kendari menguji efek antidiabetik ekstrak daun trembesi. Riset praklinis oleh Muh. Azdar Setiawan dan tim itu memiliki 5 perlakuan.

Perlakuan itu meliputi ekstrak dosis 25 mg/ kgBB, 50 mg/kgBB, dan 100 mg/kgBB. Peneliti juga menggunakan glibenklamid 5 mg sebagai kontrol positif dan kontrol negatif berupa suspensi Na.CMC 0,5%.

Penelitian itu menggunakan hewan uji berupa 20 mencit yang diberi perlakuan diabetes menggunakan streptozotosin 150 mg/kgBB secara intraperitonia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi penurunan efektif kadar glukosa darah menggunakan dosis 25 mg/ kgBB pada hari ke-8.

Konsentrasi ekstrak 100 mg/kgBB memberikan efek yang optimum dengan perlakuan kontrol positif glibenklamid. Efek hipoglikemik dalam senyawa daun trembesi dapat memecah karbohidrat menjadi gula sederhana serta memiliki peran sebagai antioksidan dan menurunkan tingkat stres oksidatif diabetes.

Penyerapan glukosa darah dapat berkurang dengan cara meningkatkan toleransi glukosa. Metabolit sekunder yang berperan sebagai antidiabetes yakni alkaloid, flavonoid, tanin, saponin, terpenoid, dan steroid.

Senyawa aktif itu bertugas menstimulasi sel-sel beta pankreas sehingga sekresi insulin dapat meningkat. Menurut Herbalis di Bogor Valentina Indrajati—kandungan daun trembesi memiliki aktivitas inhibisi alfa-glukosidase yang berfungsi memecah karbohidrat pada sistem pencernaan.

Bahan aktif dalam daun trambesi merupakan senyawa-senyawa fenol yang memfasilitasi aktivitas enzim-enzim metabolisme karbohidrat. Trembesi berpotensi sebagai antidiabetes.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img