Thursday, February 9, 2023

Penyebab Penyakit Kulit Psoriasis dan Cara Mengobatinya

Rekomendasi

Trubus.id — Gejala psoriasis yakni kulit memerah, ruam yang mengelupas pada kulit, dan disertai rasa yang sangat gatal. Lantas, sebetulnya apa yang menyebabkan terjadinya psorasis?

Menurut dr. Patricia Lukas Goentoro, dokter residen di Rumah Sakit Umum Pusat Nasional (RSUPN) dr. Cipto Mangunkusumo, psoriasis termasuk penyakit autoimun yang tidak diketahui pasti penyebabnya.

Selain sistem kekebalan tubuh bermasalah, pemicu psoriasis biasanya muncul dari berbagai faktor, baik dari dalam diri maupun lingkungan. Faktor genetik juga kemungkinan sebagai penyebab kondisi itu.

Lebih lanjut, ia menyatakan, psoriasis terjadi karena sel T yang berperan mendeteksi dan melawan zat asing seperti virus atau bakteri tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Sel T justru menyerang sel-sel sehat seolah tengah melawan luka atau infeksi. Serangan itu menyebabkan tubuh membuat sel-sel kulit baru lebih sering daripada seharusnya.

Akibatnya, terjadilah tumpukan sel kulit ekstra di atas kulit. Itulah penyakit yang disebut psoriasis. Sel kulit baru terus menumpuk di permukaan hingga membentuk bercak tebal berwarna merah dan bersisik.

Sementara itu, Yayuk Ambarwulan, herbalis di Tangerang Selatan, Banten, menyarankan pasien psoriasis mengonsumsi tapak liman dan tomat. Rebus 5–7 tanaman tapak liman dengan 5 gelas air hingga tersisa setengahnya. Setelah dingin, minum air rebusan sehari 2 kali selama sepekan. Setelah 9 hari mengonsumsi ramuan, hentikan dahulu 2 hari. Setelah itu, dilanjutkan lagi.

Adapun tomat hanya dimakan 2 buah setiap hari. Selain dimakan, iris tomat beberapa potong untuk dioleskan ke kulit yang gatal. Lakukan tiap hari sampai kulit benar-benar halus. Hindari mengonsumsi ikan asin peda, udang, ikan tongkol, dan kulit ayam karena memicu gatal.

Menurut Yayuk, tapak liman berperan sebagai antibiotik, pembersih darah, dan menambah hemoglobin. Sementara itu, tomat sebagai nutrisi alami untuk kulit.

Daun mimba atau mindi bisa juga digunakan untuk mengatasi gatal di kulit. Cuma kadang membuat kulit kering. Namun, apabila dikombinasi dengan tomat kulit kering berkurang.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Meybi Kantongi Omzet Rp75 Juta Sebulan dari Daun Kelor

Trubus.id — Daun moringa alias kelor bagi sebagian orang identik dengan mistis. Namun, bagi Meybi Agnesya Neolaka Lomanledo, daun...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img