Wednesday, September 28, 2022

Penyebab Produktivitas Sarang Walet Kurang Optimal

Rekomendasi

Trubus.id — Setiap pemilik gedung walet tentu menginginkan produksi sarang optimal. Sayangnya, hal itu cukup sulit dicapai. Ada beberapa hal yang dapat menyebabkan produktivitas sarang walet kurang optimal.

Dr. Boedi Mranata, Ketua Perhimpunan Pengusaha Sarang Burung Indonesia (PPSBI), mengatakan, untuk mencapai produksi sarang optimal relatif sulit. Pasalnya, produksi sarang burung walet tidak bisa disamakan dengan produksi pada sektor industri.

“Produksi sarang burung walet amat bergantung pada alam,” kata Boedi.

Menurut Boedi, peningkatan produksi sarang burung walet tidak melulu berbanding lurus dengan penambahan rumah walet.

Salah memilih lokasi malah bisa menurunkan produksi seperti kasus di Kota Metro, Lampung, yang terkenal sebagai sentra walet pada 2000-an. Saat itu jumlah rumah walet mencapai 400 unit. Saking banyaknya populasi, walet kerap menabrak pekerja atau pemilik gedung ketika mengecek lokasi. Hal itu membuat walet pergi karena lokasi gedung tidak nyaman.

Selain itu, populasi walet amat berkaitan erat dengan ketersediaan serangga sebagai pakan alami. Adanya rumah walet yang nyaman membuat populasi walet meningkat. Hal itu tidak berimbang dengan ketersediaan serangga sebagai pakan alami walet di alam.

Boedi menambahkan, suatu saat ada fase populasi walet lebih banyak daripada ketersediaan serangga pakan alami jika jumlah rumah walet berlebih.

Artinya, pertumbuhan populasi walet lebih cepat dibanding pertumbuhan populasi serangga. Imbasnya, walet memangsa serangga muda sehingga perkembangan serangga sebagai pakan alami terhambat.

Di sisi lain kerusakan lingkungan dan alih fungsi habitat serangga pakan alami walet kerap terjadi. Dampaknya perkembangan serangga sebagai pakan alami walet kian terhambat. Berkurangnya ketersediaan pakan, otomatis menurunkan populasi walet di satu wilayah tertentu.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img