Tuesday, November 29, 2022

Perbanyak Encephalartos

Rekomendasi

Saya senang tanaman hias. Saat ini saya sedang menanam encephalartos di pekarangan. Yang ingin saya tanyakan:

  1. Bagaimana cara memindahkan anakan encephalartos?
  2. Bagaimana ciri-ciri anakan siap dipindahkan?
  3. Apakah harus diletakkan di dalam polibag, pot, atau langsung ke tanah?
  4. Bagaimana kiat untuk merawatnya?
  5. Bagaimana prospek bisnis tanaman encephalartos?
Febriadi
Jl. Mayor Jenderal Suprapto No. 2B RT 10
Kecamatan Telanaipura
Provinsi Jambi
Iin Hasyim
  1. Cara memindahkan anakan encephalartos relatif mudah. Anakan tanaman purba itu tumbuh disekitar batang. Di bagian bawah batang taruh polibag yang telah diisi media. Usahakan letak polibag sedekat mungkin dengan anakan. Maksudnya agar akar yang tumbuh dari anak ancepat  menyusup ke dalam media. Media yang digunakan campuran pasir dan tanah dengan perbandingan 1 : 1. Alternatif lain adalah memotong sedikit demi sedikit anakan dari batang tanaman induk setiap 2 hari. Jika anakan sudah banyak mengeluarkan akar langsung potong dari  batang induk.
  2. Anakan siap pisah berumur 3—5 minggu dan sudah keluar banyak akar. Semakin banyak akar, semakin besar peluang untuk hidup. Anakan yang belum berakar dapat saja ditanam langsung di media tanam. Cuma, risiko kematian tinggi.
  3. Ketiga-tiganya bisa dilakukan. Namun, sebaiknya tempatkan dulu di dalam polibag supaya gampang dirawat. Sebelum anakan yang baru dipisah sehat betul, letakkan di tempat teduh untuk merangsang pertumbuhan akar. Setelah akar tumbuh banyak dan tanaman terlihat sehat barulah dipindahkan ke pot atau langsung ke tanah.
  4. Tanaman akan tumbuh baik jika kondisi lingkungan mendukung. Media yang baik untuk encephalartos gembur dan subur. Tambahkan bahan organik berupa pupuk kandang saat pindah tanam. Penyiraman dilakukan 3 hari sekali sampai tanah jenuh. Encephalartos  membutuhkan lama penyinaran sekitar 8—12 jam sehari, sehingga ia ideal ditanam di tempat terbuka alias tidak ternaungi.
  5. Prospek bisnis encephalartos cukup baik, meski hobiisnya masih terbatas. Tanaman asal Afrika itu dikoleksi oleh orang-orang berkantong tebal lantaran harganya mahal. Nah, jika Anda bisa menjual encephalortus dengan harga lebih murah, tentu pasar tanaman eksklusif ini semakin meluas. ***

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img