Thursday, December 8, 2022

Buah Lonceng Pesaing Baru

Rekomendasi

Tiga paprika anyar itu bentuknya memang agak berbeda dengan para pemain lama. Ambil contoh ferrari. Sosoknya bulat dan lebih blocky dibanding jenis lama yang lonjong. Itu masih ditambah lagi dengan warna merahnya yang mencolok mata dan berdaging tebal.

Varietas baru yang diluncurkan oleh Enza Zaden, produsen benih sayuran asal Belanda, awalnya diujicoba di Parongpong, Lembang, selama 2 periode. Asep Tisna, petani sekaligus eksportir paprika membuktikan, ferrari tahan hama thrips dan penyakit yang disebabkan virus. Hanya menyerang 10 % tanaman dari 5.000 paprika yang ditanam di 3 greenhouse masing-masing seluas 200 m2. Selang 8 bulan setelah tanam, cabai manis yang diluncurkan pada 2004 itu menghasilkan 3,5—3,7 kg per tanaman, atau sekilo berisi 4—5 butir. Harga jualnya Rp15.000/kg.

Narobi

Tak melulu paprika merah yang diminati Singapura. Warna oranye narobi pun dilirik. Narobi, varietas baru kerabat Solanaceae itu dibuhulkan oleh PT Joro, spesialis paprika kawakan dari Bandung. Ronald Serhalawan, pimpinan PT Joro mengeluarkan narobi karena ada permintaan paprika oranye yang sempat menghilang dari peredaran.

Di Pasir Langu, Cisarua, Bandung, narobi ditanam selama 2 periode tanam sebelum dilepas ke pasar. Keluaran Februari 2004 itu sosoknya lebih blocky—bulat dan bisa duduk—besar, dengan produktivitas tinggi. Per tanaman bisa menghasilkan 8—10 buah atau 2 kg. “Saya paling banyak menanam narobi. Memang cuma 1 kebun, tapi luasnya 1.500 m2,” ujar Asep Tisna. Narobi banyak peminat karena harga jualnya paling mahal, Rp17.000/kg untuk grade A.

Sunny

Pendatang terakhir ialah sunny yang diluncurkan oleh Enza Zaden. Tampilan fi siknya kuning terang bak matahari, persis seperti nama yang disandang. Kerabat terung itu tahan thrips yang menjadi momok pekebun si buah lonceng. Produksinya 2 kg pertanaman.

Sunny bersaing dengan gold fl ame yang juga kuning terang. Menurut Asep Tisna, sunny lebih ditujukan untuk pasar mancanegara; gold fl ame, dalam negeri “Singapura mintanya yang medium size,” kata Asep. Eksportir sayuran itu menanam sunny di 2—3 greenhouse dengan luasan masing-masing 200 m2. Di pasar sunny lebih mahal daripada ferrari, Rp 16.000/kg. (Lastioro Anmi Tambunan)

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Lengkap! Budidaya Cacing Sutra Sistem Apartemen Hemat Tempat dan Air

Trubus.id — Peningkatan tren ikan hias diikuti dengan permintaan pakan tinggi. Cacing sutra menjadi salah satu pakan ikan hias...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img