Sunday, June 23, 2024

Peternak di Bogor Pasarkan Hewan Kurban Lewat Digital, Jangkau Pasar Mancanegara

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Peternak domba di Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Alwi Mahir Alaydrus dapat memasarkan 18.000 domba dan kambing untuk pasar kurban ke seluruh Indonesia dengan hanya menggunakan gadget.

“Kini memasuki era baru atau masa keemasan berbisnis domba,” Alwi Mahir Alaydrus. Ia menuturkan dengan pemasaran konvensional yang hanya menjual 1.000 ekor pada Iduladha. Artinya, ada peningkatan penjualan hingga 18 kali lipat.

Kelebihan lainnya harga jual dengan pemasaran daring pun lebih ekonomis dibandingkan dengan harga jual konvensional.  Harap mafhum, tata niaga penjualan konvensional kian panjang sehingga harga menjadi mahal.

Dengan pemasaran daring, Mahir hanya mematok harga seekor domba Rp1,7 juta—Rp2,5 juta. Harga itu untuk domba berbobot 25—35 kg per ekor dan berumur minimal 6 bulan. Bandingkan dengan harga konvensional yang mencapai Rp3 juta—Rp3,5 juta per ekor dengan umur dan bobot sama.

Harga ekonomis itu kian menjangkau masyarakat dengan penghasilan menengah ke bawah untuk bisa berkurban. Ia menuturkan, kurban daring masih menjadi tren.

“Setidaknya kami menyiapkan 22.000 domba untuk memenuhi permintaan kurban pada 2023 dengan pemasaran daring,” kata Mahir, peternak domba sejak 2003 itu.

Cara pemasaran modern, budidaya baik, dan penanganan ternak profesional itu pun menjadi daya tarik konsumen mancanegara berkurban di Indonesia.

“Konsumen kurban bahkan dari negeri jiran seperti Malaysia, Brunei Darussalam, dan Singapura, karena kian tahu kualitas budidaya dan pemasaran domba yang baik di Indonesia,” kata alumnus Sekolah Menengah Atas (SMA) 1 Muhammadiyah, Pasuruan, Jawa Timur. Jadi, kini berkurban pun lintas negara berkat teknologi digital.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img