Wednesday, September 28, 2022

Pisang Unik, Satu Batang Dua Tandan Buah

Rekomendasi

Trubus.id — Lazimnya, tanaman pisang Musa paradisiaca hanya bertandan satu. Namun, di kebun seluas 1.000 m² milik Muji Sugiharto, nyaris 90% batang pisang memiliki dua tandan buah. Bahkan, ada yang bertandan tiga sampai empat tandan.

Muji menceritakan saat pertama kali menemukan bibit pisang itu. Semula banyak yang menganggap Muji gila, lantaran menggabungkan dua batang pisang setinggi 1 m menjadi satu. Dari 100 bibit, hanya satu tanaman batang bawah yang bertunas. Ia pun merawat satu tanaman pisang tadi.

Muji kaget saat mengetahui tanaman pisangnya tumbuh dewasa dengan dua tandan buah. Tanaman itulah yang pertama kali menjadi tetua pisang dua tandan buah di kebunnya.

Meski begitu, anakan-anakan dari pisang tersebut ada yang bertandan lebih dari dua. Selain menjual buahnya, Muji juga mulai menjual bibit pisang itu sejak 2005 ke para pelanggan.

Ribuan bibit pisang bertandan dua telah menyebar hingga ke luar Pulau Jawa seperti Kalimantan dan Sumatra. Bahkan, permintaan terus meningkat.

Muji menjelaskan hal terpenting merawat pisang bertandan dua, yakni memenuhi kebutuhan nutrisinya. Misalnya, jika tanah miskin hara, bibit bisa terbelah lalu tumbuhnya kurus. Dampak lain, pertumbuhan buah terhambat sehingga hasil panen kurang baik.

Untuk mencegah hal itu, biasanya Muji membenamkan 2 kilogram pupuk kandang kotoran ayam dan kambing fermentasi di lubang tanam. Sementara itu, untuk menghambat serangan penyakit, residu karbit ditaburkan di seputaran bibit.

Lia Hapsari, S.P., M.Si., peneliti di Pusat Riset Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya, Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), mengatakan pisang bertandan dua merupakan hal biasa terjadi.

“Sebetulnya pisang bertandan ganda atau lebih, bukan hal mengejutkan, tetapi biasanya masyarakat ingin tahu sehingga ramai,” kata Lia. Menurut Lia, pisang bertandan dua diduga karena mutasi spontan pada tingkat molekuler. Sayangnya, penelitian mendalam tentang mekanisme molekuler pisang tandan dua belum dilakukan secara spesifik di tanah air.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Permintaan Produk Organik Kian Meningkat

Trubus.id — Permintaan produk organik mengalami peningkatan. Peningkatan permintaan produk organik di Indonesia terjadi karena munculnya kesadaran menjaga kesehatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img