Tuesday, July 23, 2024

Ragam Khasiat Ketumbar untuk Tubuh Bugar

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Di berbagai negara pemanfaatan ketumbar untuk mengatasi beragam penyakit sejatinya bukan hal baru. Khasiat ketumbar antara lain sebagai pelancar pencernaan, karminatif alias peluruh kentut, dan pelancar air susu ibu (ASI) atau laktago.

Faedah lain sebagai penambah nafsu makan (stomasika). Ketumbar juga obat antibakteri dan antifungi, obat cacing, mengatasi inflamasi atau peradangan, kejang, ekspektoran alias peluruh dahak, melindungi hati, antikanker, antikejang, serta antialergi. 

Untuk mereguk khasiat itu, kita dapat meminum air rebusannya secara rutin. Selain itu ketumbar juga banyak digunakan untuk meredakan pusing, muntah-muntah, influenza, wasir, bau badan, radang lambung, radang payudara, radang vagina atau keputihan, campak, masuk angin, tekanan darah tinggi, dan disfungsi ereksi. 

Begitu banyak khasiat biji ketumbar yang mengandung beragam senyawa aktif. Bagian tanaman yang bermanfaat berupa daun, biji, dan buah itu mengandung beragam senyawa aktif seperti sabinen, mirsen, alfa terpinen, osimen, linalol, geraniol, dekanal, desilaldehida, dan trantridesen.

Ketumbar juga mengandung asam petroselinat, asam oktadasenat, d-manit, skopoletin, p-simena, kamfena, dan felandren. Selain itu ketumbar mengandung kalsium, fosfor, zat besi, vitamin A, vitamin C, asam folat, dan niasin. 

Kandungan asam linoleat, asam oleat, asam palmitat, asam stearat, dan asam askorbat ternyata diketahui efektif menurunkan kadar kolesterol di dalam darah. Selain itu senyawa-senyawa tersebut mampu mengurangi deposit kolesterol dalam dinding pembuluh darah arteri dan vena. 

Kadar zat besi yang cukup tinggi dalam biji ketumbar membantu mengatasi gejala anemia akibat kekurangan zat besi. Kandungan riboflavin, vitamin A, niasin, karoten, asam folat dan vitamin C dalam ketumbar dapat berfungsi sebagai antioksidan.

Daun ketumbar memiliki vitamin C, flavanoid, dan vitamin A yang dapat membantu melindungi kesehatan rongga mulut. Ketumbar mengandung vitamin K dan kalsium yang cukup tinggi sehingga konsumsi ketumbar secara teratur mampu mempertahankan kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. 

Pasta ketumbar dan jus kunyit berkhasiat mengobati jerawat dan komedo. Ketumbar juga mengandung minyak esensial yang dapat membantu proses sekresi enzim dan cairan pencernaan di dalam perut. 

Minyak esensial merangsang proses pencernaan dengan meningkatkan gerakan peristaltik di saluran pencernaan. Selain itu minyak itu mampu membantu mengatasi anoreksia karena sifatnya yang dapat meningkatkan nafsu makan. 

Biji ketumbar banyak dipakai untuk menambah nafsu makan bagi anakanak. Senyawa borneol dan linalol dalam ketumbar membantu proses pencernaan, meningkatkan fungsi hati, dan membantu proses pengikatan massa feses pada usus.

Komponen lain seperti sineol, limonene, alpha-pinene dan betaphelandrene memiliki aktivitas antibakteri sehingga berkhasiat mengatasi diare yang disebabkan oleh bakteri. 

Daun ketumbar memiliki kemampuan alami untuk melawan salmonella yang dikenal sebagai penyakit yang menular melalui makanan.  Para agen antibakteri dan senyawa dodesenal dalam daun ketumbar merupakan faktor utama yang melawan serangan penyakit itu.

Tanaman kerabat wortel itu secara alami dapat merangsang dan membantu keteraturan sekresi hormon estrogen dari kelenjar endokrin. Itu dapat membantu menjaga keteraturan menstruasi serta mengurangi kelainan-kelainan lain yang mungkin timbul pada saat menstruasi seperti rasa sakit yang berlebihan. Ketumbar juga bisa mengatasi aliran menstruasi yang sangat berat.

Senyawa aktif yang beragam dalam ketumbar, menyebabkan rempah-rempah itu multikhasiat. Ketumbar mengandung sineole dan asam linoleat yang memiliki khasiat antirematik dan antiartritis. 

Dengan demikian ketumbar manjur mengatasi bengkak atau peradangan sendi akibat rematik dan arthritis. Biji tanaman anggota famili pegagan-pegaganan itu juga mengandung kumin yang mampu menstimulasi kelenjar endokrin dalam meningkatkan sekresi insulin dari pankreas.

Peran itu membantu mengubah gula darah bebas menjadi glikogen. Akibat diubahnya gula darah bebas ke glikogen atau bentuk senyawa gula yang dapat dimanfaatkan tubuh, maka kadar gula darah yang tinggi bisa turun ke level normal.

Sementara itu minyak asiri ketumbar mengandung vitamin A, C, mineral, dan fosfor yang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata, mencegah degenerasi makula, dan kelelahan mata. 

Zat antibakteri dan antifungi pada ketumbar juga mampu mengatasi konjungtivitis alias peradangan bola mata atau mata merah. Selain biji, daun ketumbar mengandung minyak asiri sitronelol yang berperan sebagai anticendawan, antiseptik, kemampuan detoksifikasi, dan bersifat desinfektan. 

Senyawa itu mampu mengobati keluhan seperti pada penyakit eksem, kulit kering, dan infeksi kulit akibat cendawan, termasuk luka dan bisul di rongga mulut. Jadi jika Anda menderita gatal-gatal atau bentol, minumlah segelas jus daun ketumbar segar.

Penggunaan lain dengan menempelkan segenggam daun ketumbar yang telah dihaluskan ke tempat luka. Sifat antiseptik biji ketumbar untuk mengatasi bau mulut dan bau badan.  (dr Soeklola Muliady MSi, dokter, akupunktur estetika, dan herbalis di Jakarta Barat)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img