Thursday, July 18, 2024

Rahasia Rawat  Kucing  BSH Jadi Juara Kontes Internasional

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Teddy Dwitama sempat ragu mendaftarkan kucing bernama GC DW Atzelhof’s Batavia Jack of Kingsman untuk mengikuti kontes. Harap mafhum Jacky—panggilan kucing—itu sudah setahun tidak beradu cantik di atas ring.

“Absen karena memberi kesempatan pada anakan Jacky untuk memperoleh nilai di setiap kontes,” kata pehobi dan penangkar kucing di Tebet, Kota Jakarta Selatan, Provinsi DKI Jakarta, itu.

Siapa sangka kucing ras british shorthair (BSH) itu tetap tampil memukau. Jacky memperoleh highest scoring shorthair championship di CFA International Catshow bertajuk All You Need Is Cat yang diselenggarakan oleh Mahameru Cat Club dan Tan Malaka Cat Fanciers. 

“Kucing BSH indah dengan warna terang, telinga dan muzzle menawan, serta badan dan ekor yang lurus,” kata juri Cat Fanciers’ Association (CFA) asal Amerika Serikat, Jennifer Reding. Juri CFA asal Indonesia E. Suherly atau Okto juga memuji keindahan warna Jacky.

Sejatinya Jacky langganan juara. Rahasia penampilan prima Jacky itu lantaran Teddy merawat secara intensif kucing jantan berumur 2 tahun 10 bulan itu. “Meski saat tidak kontes perawatan juga intensif,” kata Teddy. 

Jacky rutin grooming 2—4 pekan sekali. Grooming menjelang kontes 7—10 hari. Teddy menuturkan, grooming sehari sebelum kontes berbeda. Penggunaan sampo menjadi 3—4 langkah. 

Sebut saja sampo untuk mengurangi lemak, kondisioner, dan membersihkan bulu. Durasi sekali grooming 1—1,5 jam dari memandikan hingga mengeringkan bulu.

Untuk pakan sehari-hari berupa pakan basah (raw food) sebanyak 160—200 g per hari untuk 2 kali makan. Jumlah pakan meningkat menjadi 300 g per hari (3 kali makan) 1—2 pekan menjelang kontes.

Pakan segar berupa daging sapi, puyuh, dan kelinci. “Sepekan itu 5 hari daging sapi serta 1 hari lainnya daging puyuh dan kelinci,” kata pemilik Kingsman Cattery itu. 

Pakan kering (dry food) selalu tersedia, tetapi menggunakan tempat khusus supaya tidak mudah lembap. Teddy juga memberikan vitamin untuk imunitas dan kesehatan bulu sehari sekali saat malam. 

Teddy Dwitama saat di ring juri Cat Fanciers’ Association (CFA) asal Amerika Serikat, Jennifer Reding. (Trubus/ Widi Tria Erliana)

Jacky kucing yang aktif karena Teddy kerap melepas klangenan itu di dalam rumah untuk bermain dan eksplorasi lingkungan sekitar. Ia juga melatih mental kucing selama 3—4 jam sehari saat malam. 

Kebersihan kamar kucing (cat room) dan segala peralatan seperti litter box juga terjaga karena rutin dibersihkan. Menurut Teddy kelembapan kurang dari 55% juga menjadi kunci.

“Kelembapan harus dijaga karena kita negara tropis. Tujuannya mencegah jamur tumbuh,” kata Teddy. 

Ia menggunakan humidier dan Air Conditioner (AC) dalam cat room. Menurut Teddy selain performa kucing, pemilik atau handler juga jangan mudah menyerah saat kontes agar kucing memperoleh nilai yang optimal. 

Acara kontes kucing internasional itu berlangsung pada 1 Juni 2024 di Carstensz Mall, Kabupaten Tangerang, Provinsi Banten. Panitia acara Kirana Abdullah menuturkan total ada 120 ekor kucing yang mengikuti CFA International Cat Show itu. 

“Peserta terbanyak berasal dari ras british shorthair,” ujar Kirana. Peserta datang dari berbagai daerah seperti Daerah Khusus Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), Bandung (Jawa Barat), Jawa Tengah, dan Jawa Timur. Baca juga Kemeriahan Kontes Kucing All You Need Is Cat.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Bahan Alami Awetkan Makanan

Trubus.id—Pendeknya umur simpan tahu yang hanya 1—2 hari menjadi merugikan konsumen dan penjual. Nur Cholifah, Lilik Hendrarini, dan Choirul...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img