Friday, December 2, 2022

Sayuran Hidroponik Lebih Sehat?

Rekomendasi

Majalah Practical Hydroponics & Greenhouse edisi November/Desember 2000 melaporkan produk hidroponik memiliki manfaat lebih terhadap kesehatan.  Syaratnya program pemupukan dikelola dengan baik.  Pakar hidroponik, Yos Sutioso, sepakat pengaturan pemupukan dapat meningkatkan kandungan vitamin pada sayuran buah seperti tomat misalnya.
Pemupukan juga membuat produk hidroponik lebih tahan lama.  Penelitian di Belanda pada 1980-an mengindikasikan pengaruh kepekatan larutan nutrisi terhadap kualitas tomat.  Penambahan kepekatan larutan dari EC 2,6mS/cm menjadi 3,5mS/cm meningkatkan kesegaran, kadar asam, dan gula buah.  Penelitian lain di California juga menunjukkan beberapa varietas tomat dan cabai yang ditanam secara hidroponik mengandung vitamin A, B1, B2, B3, B6, E dan C serta mineral lebih banyak dibanding penanaman di tanah. Namun, itu tetap dipengaruhi varietas dan lama pematangan buah di pohon.  
Kalau ditanam di tanah, ketika hujan turun, tanaman berisiko terkena cipratan air bercampur tanah yang mungkin saja mengandung bibit penyakit.  Hujan juga membawa spora penyakit dari udara.  Pada pertanaman secara hidroponik—misalnya sistem NFT—permukaan media ditutup plastik.  Spora jatuh di atasnya, tidak langsung ke media air.  
Pada sistem hidroponik, air yang dipakai pun bukan air permukaan melainkan air sumur.  Bahkan di luar negeri air diionisasi dengan sinar ultraviolet sebelum digunakan.  Ini karena air permukaan penuh cendawan.  Karena perlakuan itu maka produk yang ditanam secara hidroponik lebih sehat. Namun demikian, Yos menegaskan untuk menghasilkan sayuran yang berkualitas tergantung teknik budidaya.  Hal sama juga diyakini Profesor Ron Wills dari Universitas Newcastle, Australia dan Rick Donnan wakil presiden Australian Hydroponics and Greenhouses Association.  Oleh karena itu, pengaturan pemberian pupuk yang dilakukan pekebun hidroponik juga dapat ditiru petani di lahan tanah. ***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Balitbangtan Menjajaki Kolaborasi dengan Turki atas Keberhasilannya Sertifikasi Varietas

Trubus.id — Balitbangtan yang telah bertransformasi Badan Standarisasi Instrumen Pertanian (BSIP) mulai memperkuat jejaring internasional salah satunya dengan kunjungan ke...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img