Tuesday, August 9, 2022

Sehari di Gudang Seribu Satu Benih

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Di tanahair Known You Seed kesohor sebagai produsen benih cabai nomor wahid. Tak hanya cabai, pun sayuran lain seperti tomat, terung, brokoli, dan masih banyak lagi. Selain rasa, produktivitas yang tinggi jadi alasan utama pekebun memilih produk tersebut. Saat Trubus berkunjung ke Taiwan hampir semua masakan yang disajikan menggunakan sayur-sayuran dari Known You Seed. Rasanya lezat dan renyah.

Tertarik ingin melihat benihnya Trubus berkunjung ke pusat penjualan benih Known You Seed di bilangan Chung Cheng, Kaohsiung. Beragam benih sayuran, buah, dan tanaman hias dijual di sana. Tak lama kemudian Chin-Chih Wang, konsultan Known You Seed mengajak Trubus ke pusat pembibitan dan penelitian Known You Seed di Fengshan, Kaohsiung.

Kebun bibit

Hamparan mulsa dan greenhouse menyambut kedatangan Trubus di kebun bibit Fengshan, 30 menit dari pusat kota Kaohsiung. Lahan seluas 3 ha dibagi menjadi beberapa petakan dan ditanami beragam jenis sayuran, buah, dan bunga potong. Sayang saat itu akan menginjak musim dingin sehingga beberapa sayuran telah dipanen. Yang tampak di petakan hanya beberapa bunga potong siap panen. Begitu pun di dalam greenhouse tidak ada tanaman besar menghuni.

Usai menelusuri kebun, Trubus masuk ke laboratorium Known You Seed.Tak sembarang orang bisa masuk ke laboratorium itu. Lantaran di situ benihbenih baru diciptakan. Sebelum masuk ke laboratorium kita harus mencopot alas kaki terlebih dahulu. Maklum, ruang itu dirancang bebas hama dan steril. Di dalam laboratorium para pegawai tampak sibuk mengutakatik tanaman untuk diteliti. Semua dilakukan serba cepat dan menggunakan teknologi modern.

Setelah selesai diteliti tanaman diuji ketahanannya di lapangan. Uji coba itu tak hanya dilakukan di 1 lokasi. Known You Seed memiliki 2 kebun percobaan di Hsinshih, Tainan dan Pingtung. Dengan begitu dapat diketahui adaptivitas tanaman di berbagai lokasi. Jika lolos seleksi uji lapang baru dilakukan perbanyakan benih dan dikemas.

Gudang benih

Tempat pengemasan benih lokasinya berbeda dengan laboratorium, kira-kira 10 menit ditempuh dengan mobil. Bak gudang, itu kesan pertama begitu memasuki tempat grading dan pengemasan. Di sana-sini hanya berisi tumpukan kardus siap dipasarkan. Dari pembersihan dan pengkelasan benih semua dilakukan dengan mesin. Operator alat sesekali memeriksa dan mengawasi mesin.

Setelah itu benih masuk ke mesin pengemasan. Ada tipe mesin pengemas, yaitu yang berdasarkan jumlah dan bobot benih. Pasalnya, ada benih yang dikemas berdasarkan jumlah atau bobotnya. Benih  yang telah dikemas masuk ke dalam keranjang. Kemudian dibungkus dengan kemasan berlabel Known You Seed. Benih pun siap dipasarkan ke seluruh pelosok dunia.

Perusahaan yang berdiri pada 1973 itu tak hanya andal mengahasilkan benih sayuran, pun buah dan bunga potong. Produk andalan untuk buah terutama semangka dan melon. Bahkan salah satu semangka silangannya sweet beauty meraih gelar All America Selection Winner dari pemerintah Amerika Utara. Pantas jika pemunculan produk baru dari Known You Seed selalu ditunggu pekebun. (Bertha Hapsari)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img