Friday, August 12, 2022

Si Tela Naik Takhta

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Perut mendadak lapar melihat penampilan penganan itu. Sulit percaya bahwa mata ular itu terbuat dari ubijalar yang selama ini mendapat stempel penganan kelas dua.  Nyatanya Eunike Meysuto dan Rizal dari Jatiwaringin, Jakarta Timur, mampu mengolah ubijalar menjadi penganan berkelas yang aduhai lezatnya.

Peserta dari kelompok catering itu menyuguhkan bolu mata ular pada perhelatan Jakarta Agro Expo, Juni 2011. “Saya ingin mengolah ubijalar menjadi penganan yang tak biasa,” kata Eunike Meysuto. Prosesnya pun cepat, tak lebih dari 40 menit untuk membuat seporsi mata ular terdiri atas 6 potong. Kreasi itu mendapat pujian dari juri. “Olahan itu unik dan citarasanya pun tak kalah dengan penganan yang terbuat dari tepung terigu,” kata juri lomba, Jeany H.

Tanpa pewarna

Di ajang Jakarta Agro Expo, mata ular bukanlah satu-satunya kreasi olahan berbahan baku Ipomoea batatas. Olahan ubijalar lain tak kalah lezat. Lihat saja kreasi Rina Kusmawati dari Cipinang, Jakarta Timur. Ia membuat skutel dari bahan ubijalar, bukan makaroni seperti lazimnya. “Sama enaknya dengan skutel dari makaroni,” kata Ninik, salah satu juri lomba.

Selain lomba olahan ubi, demo memasak mi berbahan baku tepung ubijalar oleh Deddy Rustandi juga meramaikan acara  ini. “Anak-anak biasanya suka mi dan ibu-ibu bisa membuat mi sendiri di rumah,” ujar juru masak  itu. Ia menghaluskan  rebusan ubijalar dan mencampur dengan tepung terigu. Perbandingannya 1 : 1. Ia perlu menambahkan terigu sebagai perekat adonan mi karena ubijalar tidak memiliki gluten. Namun, ia tidak perlu menambah pewarna lagi, karena warna kuning pada ubijalar sudah mencukupi. Rasanya sama enak dengan mi tepung terigu.

Singkat kata tepung ubijalar yang sohor sebagai bija itu multiguna. Para ahli kuliner telah membuktikan bahwa bija potensial sebagai bahan beragam penganan seperti bolu, skutel, salad, mi, es krim, bakpao, dan rolade. Lagi pula ketersediaan bahan memadai sepanjang tahun hasil budidaya di tanahair. Dengan begitu kita tak perlu mengimpor, seperti halnya tepung terigu.

Ubijalar berdaging kuning, misalnya, potensial sebagai bahan baku mi dan bolu. Umbi kuning banyak mengandung betakaroten yang menjadi sumber vitamin A sehingga baik untuk kesehatan mata. Kadar vitamin A dalam 100 g umbi ubijalar mencapai 100-7.700 IU. Itulah sebabnya Badan Kesehatan Dunia (WHO) mencanangkan ubijalar sebagai bahan makanan sehat untuk mencegah kebutaan pada anak-anak di Afrika.

Mendunia

Selain itu ubijalar juga mengandung 0,1-0,9 mg vitamin B1, 0,04 mg  vitamin B2, dan 20-35 mg vitamin C. Daging umbi ubijalar ungu banyak mengandung antosianin-zat antioksidan yang dapat mengikat zat-zat radikal bebas. Kandungan utama ubijalar adalah karbohidrat, 28-30 g dalam 100 g bahan, 2 g protein, 0,4-0,7  g lemak, 30 mg kalsium, dan 40-50  mg fosfor.

Karbohidrat ubijalar termasuk dalam klasifikasi indeks glikemiks rendah (LGI). Artinya komoditas itu sangat cocok untuk penderita diabetes mellitus. Mengonsumsi ubijalar tidak secara drastis menaikkan gula darah, berbeda dengan sifat karbohidrat dengan indeks glikemiks tinggi, seperti beras dan jagung.

Dalam tradisi kuliner Amerika banyak dijumpai baked sweet potato sebagai sumber karbohidrat, khususnya untuk mendampingi masakan jenis stew yang berkuah kental. Ubi panggang itu mirip ubijalar cilembu yang dimasak dalam oven. Bedanya, ubijalar pasta ala Amerikat Serikat berisi krim, mentega, rajangan daun bawang, dan daging.

Itu menunjukkan bahwa ubijalar bukan makanan kampung. Di Indonesia, sejak dua tahun terakhir juga bermunculan kreasi ubijalar. Di Sawunggaling, Bandung, Jawa Barat, umpamanya, terdapat Rumah Ubi yang menyajikan camilan serba ubijalar seperti lapis ubi, pai susu ubi ungu, dan lemper ubi. Begitu juga Bakpau Telo di Simping, Kecamatan Lawang, Kabupaten Malang, Jawa Timur, menjajakan penganan berbahan dasar tela-sebutan ubi di Jawa Timur. (Pranawita Karina)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img