Sunday, November 27, 2022

Suara Merdu Milik Yuwana

Rekomendasi
Rodeo kepunyaan Yudi Voltus dari Jakarta tampil maksimal sehingga menjadi yang terbaik di kelas Ebod Joss ring bebas
Rodeo kepunyaan Yudi Voltus dari Jakarta tampil maksimal sehingga menjadi yang terbaik di kelas Ebod Joss ring bebas

Burung kicauan berumur 3 tahun meraih dua dari 3 gelar kampiun di kelas utama.

Salah satu jawara itu adalah New Sensasi. Di kelas Kemayoran, New Sensasi yang berumur 3 tahun mengungguli Happy Birthday (7 tahun), jawara murai batu di Kicau Mania Cup 2013. “Keunggulan New Sensasi karena memiliki banyak variasi lagu,” ucap H Budiono, pemilik murai batu juara. Burung kicauan lain, Snow White milik Andre Sutanto dan Alwaqi Wafi dari Jambi sukses merajai kelas Kemayoran untuk kenari standar. Snow White baru berumur 1,5 tahun. “Burung itu menang karena stabil berkicau sepanjang penilaian,” kata Andre.

Menurut Andre burung kicauan berumur 1,5—3 tahun masih yuwana alias muda. Bila burung muda itu bisa menjadi kampiun, tentunya memiliki bakat istimewa sejak lahir. Salah satu cirinya adalah rajin berkicau dengan irama lagu bervariasi. Ciri lain burung itu bersuara keras dan durasi berkicau lama. Di kelas Ronggolawe, Senpi, kacer milik Andre yang berumur 3 tahun juga sukses menjadi juara. “Keunggulan Senpi karena memiliki variasi lagu,” ucap Tole, perawat Senpi.

Senpi sukses menjadi jawara kelas Ronggolawe karena variasi lagu banyak
Senpi sukses menjadi jawara kelas Ronggolawe
karena variasi lagu banyak

Sejatinya kacer mencapai puncak penampilan pada umur 6—7 tahun. Burung berusia belia lain yang meraih kampiun adalah Rodeo. Burung berumur 2 tahun milik Yudi Voltus itu menjuarai kelas murai batu ring bebas. Menurut Yudi perawatan Rodeo sederhana. Kain penutup sangkar dibuka mulai pukul 07.00 sebelum dijemur selama 1 jam. Setelah itu dimandikan. “Pakannya satu sendok makan kroto dan dua jangkrik,” ujar Kiki Lesmana, perawat Rodeo.

Kontes burung kicauan yang berlangsung di Taman Wiladatika, Cibubur, Jakarta Timur, pada 30 Juni 2013 itu semarak dengan kehadiran 2.200 burung. “Target kami menjaring peserta sebanyak-banyaknya dan berhasil,” ucap Sutrisno, ketua pelaksana lomba. Peserta bertanding dalam lima kelas, yaitu Kemayoran, Ebod Joss, Ronggolawe, Ebod Vit, Jatijajar, dan E-Bodre. Pada setiap kelas rata-rata diikuti 50 peserta. Murai batu, kenari standar, dan pentet terbaik di kelas Kemayoran berhak mendapatkan uang tunai Rp40-juta. (Riefza Vebriansyah)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Empat Gabus Hias yang Cocok untuk Pemula

Trubus.id — Pehobi pemula perlu memahami jenis gabus hias atau channa. Hal ini karena masing-masing gabus hias memiliki tingkat...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img