Thursday, July 18, 2024

Super Tembaga Klamunod, Durian Unggul Khas Bangka Belitung

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Durian super tembaga dan namlung petaling digadanggadang jadi ikon durian khas Kepulauan Bangka Belitung. Pantas saja  Riduan Hasan mulai menanam super tembaga pada 2015. Pohon mulai berbuah pada 2019.

Ia mengebunkan durian di Bukit Lesung, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung. Jumlah buah yang dihasilkan bervariasi.

Ada yang berbuah sampai 40 buah per pohon, ada juga yang hanya 5—6 butir per pohon. Jumlah pohon super tembaga yang berbuah sekitar 40 pohon pada 2023. Jumlah itu tergolong banyak.

”Sebetulnya para penggemar durian sudah lama mengenal super tembaga,” tutur Pekebun durian asal Kecamatan Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, Nurhulis.

Nurhulis menanam durian itu pada 2002. Jadi tanaman tertua berumur sekitar 20 tahun. Ia menuturkan ketika berbuah perdana saat berumur 6—7 tahun, ternyata super tembaga berpotensi menjadi unggul.

Daging buah berwarna jingga, tebal, rasanya manis kombinasi pahit dengan sedikit serat, tetapi tetap lembut dan creamy. Delis—panggilan Nurhulis—pun menjual bibit super tembaga. Sejak itulah durian itu makin sohor di antara para pekebun dan pembibit tanaman buah.

Bahkan, saat ini sudah ada pekebun yang mengebunkan super tembaga dalam skala luas di Bangka. Salah satunya Bahar Buasan yang mengebunkan di Kecamatan Namang, Kabupaten Bangka Tengah, Kepulauan Bangka Belitung.

Di kebun itu ia menanam 900 super tembaga, sekitar 300—400 pohon cumasi, sisanya musangking, dan duri hitam (ochee). Ia menanam durian itu pada 2015—2016.

 “Tahun lalu sudah berbunga, tetapi rontok,” kata Bahar.

Pada musim 2023 rencananya dibuahkan sekitar 200 pohon antara super tembaga dan cumasi. Ada juga orang yang mengebunkan super tembaga di lahan 200 ha di Bangka Tengah.

Sayang sang pemilik enggan menceritakan kebun itu. Bibit super tembaga juga tersebar ke beberapa kawasan di Pulau Sumatra, Jawa, Kalimantan, dan Sulawesi.

Menurut Delis potensi super tembaga terus berkembang dan makin banyak yang menanam. Itulah sebabnya Delis serta Dinas  Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengajukan sertifikasi varietas unggul lokal dengan nama super tembaga klamunod.

Pohon tertua berumur 20 tahun ia jadikan sebagai pohon induk. Pada 2017, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Mutu Benih Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menetapkan durian super tembaga klamunod sebagai sumber daya genetik lokal dengan nomor Durian Klamunod/Unggul Lokal/BB/9/2017.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kultur Jaringan, Jalur Cepat Gandakan Pala Bikin Untung dan Berkualitas

Trubus.id—Benih berkualitas modal awal panen pala secara optimal. Menurut Ahli Pertama Pengawas Benih Tanaman Dinas Pertanian, Provinsi Maluku  Rex...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img