Sunday, May 19, 2024

Teknik Sederhana Membersihkan Sarang Walet untuk Mendongkrak Harga

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Teknik pembersihan sarang walet berbeda-beda bergantung pada jenis sarang. Setiap perusahaan punya cara tersendiri. Pencucian bertujuan menghilangkan bulu dan kotoran yang menempel.

Lalu, untuk sarang-sarang yang berwarna cokelat, kekuningan, atau putih kotor diberi pemutih setelah dicuci. Karena pencucian dan pemutihan, kualitas sarang meningkat dan tahan simpan alias tidak cepat rusak. 

Harga jual lebih mahal, meskipun tebal-tipis, kadar air, dan warna juga turut menentukan. Sebetulnya, konsumen lebih menyukai sarang bersih alami. Sarang itu lebih aman dikonsumsi dan dijamin keasliannya.

Namun, sarang super seperti itu langka. Jadi, sarang walet harus dicuci dengan sedapat mungkin menghindarkan pemakaian zat kimia. Proses pencucian di perusahaan meliputi pembasahan dan pembersihan. Sarang dicelupkan beberapa menit dalam air supaya mekar.

Selanjutnya, bulu dan bekas pecahan cangkang dicabuti menggunakan pinset hingga sarang betul-betul bersih. Pekerjaan ini dilakukan sangat hati-hati. Kalau tidak, sarang rusak atau hancur.

Setelah bersih, khusus sarang gua putih dicelupkan kembali ke dalam air lalu ditiriskan di atas kain putih. Adapun sarang rumah cukup disemprot air dan diangin-anginkan di atas wadah. Pada tahap selanjutnya, bulu yang masih mengandung daging sarang direndam dalam minyak selama 15 menit dan diaduk perlahan.

Bulu-bulu yang mengambang kemudian direndam dalam air hangat 10 menit untuk melepaskan kandungan minyak goreng. Selanjutnya, bulu diangkat dan ditiriskan di atas kain putih kemudian dikeringkan.

Pengeringan sarang burung walet tidak boleh di bawah sinar matahari langsung atau oven. Proses pengeringan tidak dilakukan dengan oven karena keringnya tidak bisa merata (hanya bagian luarnya) dan dapat mengakibatkan perubahan warna, bau (tengik), serta ditumbuhi cendawan.

Jika terlalu kering, sarang burung walet mudah patah atau remuk selama penyimpanan. Gunakan kipas angin, exhauster, dan dehumidifier selama 20–24 jam. Sarang burung walet yang sudah dibersihkan akan terlihat lebih bersih dan mengalami penyusutan dari bobot asal. Penyusutan bobot pada sarang walet Collocalia fuciphaga sekitar 4–5%, dan 60% untuk C. maxima.

Penyusutan bobot pada sarang walet terjadi karena sarang terbagi-bagi menjadi sarang burung walet utuh, bulu/kotoran, dan remahan. Remahan adalah sarang hancuran yang terlepas dari bentuk utuh sarang selama proses pencucian.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Pilihan Mengolah Biji Ketumbar Praktis  

Trubus.id–Ketumbar berpotensi sebagai penurun gula darah. Hal itu sesuai peneliti di Laboratorium Farmakologi dan Toksikologi, Fakultas Farmasi Universitas Gadjah...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img