Saturday, April 13, 2024

Tiram Merah

Rekomendasi
- Advertisement -

  1. Apa yang dimaksud dengan jamur tiram merah?
  2. Apa perbedaan jamur tiram merah dengan jamur tiram putih?
  3. Mengapa jamur tiram putih lebih populer di Indonesia?
  4. Kapan panen dan berapa lama siklus jamur tiram merah?
Afi q Azhari
Kelurahan Godog, Kecamatan Laren,
Kabupaten Lamongan, Jawa Timur
NS Adiyuwono
  1. Jamur tiram merah sering juga disebut pink oyster. Sesuai dengan namanya jamur itu berwarna putih kemerah-merahan. Selain sosoknya indah, pink oyster cukup enak. Secara umum kandungan tiram merah mirip dengan tiram putih. Namun, kandungan khususnya belum diketahui.
  2. Pink oyster bertudung merah muda. Itu berasal dari spora yang mengeluarkan warna nila, spora jamur tiram putih tidak memilikinya. Warna merah pada jamur tiram merah semakin memudar seiring dengan pertambahan umur tanaman. Pleurotus fl abellatus berkadar air lebih tinggi sehingga jika dimasak teksturnya lebih basah. Itu berbeda dengan jamur tiram putih yang renyah karena kadar airnya rendah. Di negara tetangga seperti Singapura, Malaysia, dan Brunei Darussalam, tabang ngudut—sebutan tiram merah di Kalimantan—lebih disukai. Wajar, jika permintaan di negara jiran itu lebih tinggi.
  3. Di Indonesia tiram merah kurang populer. Itu karena banyak yang mengira, jika pink oyster termasuk jamur beracun. Mereka terpengaruh oleh pernyataan dalam buku petunjuk jamur beracun yang berbunyi “berhati-hatilah terhadap jamur yang berwarna mencolok, bisa jadi jamur itu beracun”. Padahal itu tidak berlaku untuk tiram merah yang ternyata aman untuk dikonsumsi. Selain itu teksturnya yang lembek kurang pas dengan lidah orang Indonesia.
  4. Dari genus Pleurotus, jenis jamur tiram merah lebih cepat siklusnya. Artinya masa inkubasinya lebih cepat daripada jamur tiram cokelat atau putih. Pun masa produksinya lebih cepat dibandingkan yang lain. Masa inkubasi tiram putih 12—21 hari; primordial 3—5; fruiting body 4—7 hari, croping cycle 3—4 kali panen—tiap periode panen 7—14 hari. Sementara tiram cokelat menghabiskan masa inkubasi 12—16 hari; primordial 4—5 hari; fruiting body 4—8 hari; cropping cycle 2 kali panen—tiap periode panen 10 hari. Itu lebih lama dibanding tiram merah yang hanya menuntaskan masa inkubasi 7—10 hari; primordial 2—5 hari, fruiting body 3—5 hari, cropping cycle 2 kali panen—tiap periode panen lamanya 7 hari.***

 

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img