Sunday, June 23, 2024

Tomat Baru Produktif dan Jumbo

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Tomat baru yang produktif, jumbo, dan toleran virus menjadi harapan petani. Misalnya varietas tomat baru bernama Citata. Menurut petani Soni Hamdani jenis itu meningkatkan hasil panen. Pada 2023 dari 35.000 tanaman, Soni memanen 52,5 ton tomat.

Artinya ia memanen 1,5 kg buah Solanum lycopersicum per tanaman. “Biasanya saya hanya panen 5—8 ons per tanaman,” kata petani di Desa Cikitu, Kecamatan Pacet, Kabupaten Bandung, Provinsi Jawa Barat, itu.

Biaya produksi mencapai Rp1.500—Rp2.000 per tanaman. Sementara harga jual tomat itu Rp5.000 per kg. Hitung-hitungan di atas kertas, Soni meraup keuntungan bersih hingga Rp157 juta sekali tanam.

“Keuntungan bisa naik lagi saat hujan karena harga tomat tambah mahal,” kata petani yang menjual tomat ke Pasar Induk Kramat Jati itu. Hingga kini Soni sudah 4—5 kali membudidayakan tomat Citata.

Menurut General Manager PT Hibrida Jaya Unggul M. Sodiq Wahyudi, Citata merupakan tomat hibrida yang didesain untuk memenuhi kebutuhan petani. “Karakter Citata produktif, berukuran besar, serta kuat melawan hama dan penyakit tanaman (HPT) seperti virus gemini,” kata Sodiq.

Harap mafhum virus gemini merupakan penyakit utama tomat. Kerugian penyakit itu bisa mencapai 100% alias gagal panen. “Tergantung kapan terserangnya. Kalau tomat terserang saat fase berbuah, beberapa tanaman masih bisa menghasilkan, tetapi tidak optimal,” katanya.

Serangan saat tanaman baru umur 20 hari setelah tanam tunas pucuk tidak bisa tumbuh lagi dan tomat tidak berbunga apalagi berbuah/

Selain toleran virus gemini, Citata juga produktif dan disukai petani. “Tomat jumbo lain biasanya hanya besar di bagian bawah, sedangkan buah Citata tetap besar hingga di bagian atas tanaman,” kata Sodiq.

Produktivitas Citat mencapai 57,11—67,30 ton per hektare. Cita rasanya manis sedikit masam dengan bobot 106,7—156,9 gram per buah. Citata mulai panen saat tanaman berumur 87—92 hari setelah tanam (hst).

Pemberian nama Citata berasal dari nama penyanyi yang tengah naik daun saat tomat itu dirilis. Hal itu agar tomat Citata mudah diingat petani.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kura-kura Hibrida Unik Bikin Harga Melejit

Trubus.id—Kura-kura hibrida redcata milik William Albert amat seronok, meski terlihat dari jauh. Warnanya yang terakota terang dan berpadu garis...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img