Sunday, July 14, 2024

Tomat Mampu Mengangkat Sel Kulit Mati dan Melembapkan Kulit

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Tomat merupakan tanaman semusim yang pembudidayaannya tidak kenal musim dan dapat tumbuh di dataran rendah sampai tinggi. Bentuk buahnya sangat beragam, mulai dari yang kecil menyerupai buah anggur sampai ukuran sebesar kepalan tangan orang dewasa.

Namun, tahukah Anda, sebetulnya tomat memiliki beragam khasiat. Salah satunya, tomat bisa membuat wajah bersih dan sehat. Bagaimana caranya? Anda bisa mengombinasikan tomat dengan susu segar sebagai pembersih wajah.

Blender sebuah tomat masak, saring dengan kain kasa, dan buang ampasnya. Tambahkan susu segar dalam jumlah sama dengan banyaknya jus. Untuk pemakaian, oleskan campuran itu pada wajah dan leher.

Diamkan selama 10 menit, bilas dengan air mineral dan keringkan dengan handuk. Frekuensi pemakaian 1–2 kali sehari selama seminggu. Ramuan ini dapat bertahan 6 jam di lemari pendingin.

Resep alami itu baik untuk kulit berminyak. Namun, tidak direkomendasikan untuk kulit sensitif. Oleh karena itu, sebelum penggunaan di wajah, oleskan di bagian dalam lengan atau pergelangan tangan untuk memastikan Anda tidak alergi.

Tomat kaya vitamin A, B, dan C, potasium, magnesium, serta antioksidan yang menyehatkan tubuh. Selain itu, tomat mengandung asam buah alpha-hydroxy acid (AHA), bahan perawatan kulit. AHA membantu mengangkat sel kulit mati dan melembapkan kulit. Adapun susu mengandung asam laktat.

Selain penerapan dari luar, ada pilihan lain, yakni dengan cara mengonsumsinya. Misalnya, Anda hobi berjemur di pantai. Tentunya, pascaberjemur kulit akan memerah lantaran kemacetan kapiler darah akibat sengatan sinar matahari.

Tenang saja, Anda tak perlu mengurungkan hobi itu. Konsumsilah 40 gram pasta tomat sehari. Penganan itu mengandung 16 gram likopen, salah satu antioksidan yang efektif melindungi kulit. Agar mendapat hasil yang optimal, Anda bisa mencampurnya dengan 10 gram minyak zaitun.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img