Wednesday, September 28, 2022

Tujuh Fakta Menarik tentang Porang

Rekomendasi

Trubus.id — Porang semakin dikenal oleh masyarakat Indonesia, bahkan semakin banyak petani yang berminat menanam porang. Hal ini karena porang termasuk komoditas yang berpotensi mengisi pasar ekspor mancanegara. Terlepas dari itu, ternyata ada tujuh fakta menarik tentang porang yang jarang orang tahu.

  1. Masyarakat Jerman menyebut porang sebagai teufelzunge yang berarti lidah iblis. Teufelzunge terdiri atas dari 2 kata, yaitu teufel yang berarti iblis dan zunge yang bermakna lidah.
  2. Umbi porang merupakan komponen dan bahan baku parasut di pesawat terbang.
  3. Tanaman porang bergenus Amorphophallus. Nama genus Amorphophallus disebut kali pertama pada 1834 oleh ahli botani Belanda Jerman, Charles Ludwig de Blume atau Karl Ludwig von Blume.
  4. Porang sudah menjadi komoditas ekspor sejak 1970-an. Eksportirnya PT Ambico (Jawa Timur) dan PT Sanindo (Jawa Barat). Kedua perusahaan tersebut didirikan oleh mantan serdadu Jepang yang menjadi warga negara Indonesia.
  5. Populasi porang cukup banyak di Jawa Barat. Masyarakat setempat menyebutnya dengan istilah cocoan oray yang berarti mainan ular.
  6. Umbi porang raksasa berbobot 13,4 kilogram dihasilkan oleh warga Desa Ngambarsari, Kecamatan Karangtengah, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah, Supriyanto.
  7. Nama genus Amorphophallus pinjaman dari bahasa Yunani kuno, yakni amorphos berarti tanpa bentuk dan kata phallos berarti penis. Sebutan itu mengacu pada bunga porang yang berbentuk tongkol atau spadix dan menonjol.
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Menghasilkan Silangan Palem yang Cantik

Trubus.id — Greg Hambali sangat hobi menyilangkan palem. Saking hobinya menyilangkan tanaman palem, Greg mendapatkan hasil silangan terbaru yang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img