Monday, November 28, 2022

Tumor Tyroid

Rekomendasi

Usia ibu saya 48 tahun. Ia terkena penyakit tumor tyroid. Akhir-akhir ini muncul gejala lain seperti darah tinggi, pusing, jantung berdebar, dan sesak nafas. Saya mohon resep yang bisa mengobati penyakit tersebut.

M. Faisal HRP
Jl. Pattimura Gg. Sado No. 8A
Binjai, Sumatera Utara 20713
R. Broto Sudibyo BSc.

Penyakit kelenjar tyroid kronis biasanya disertai gejala-gejala tersebut. Untuk itu perlu pengobatan teratur dan pantangan yang ketat. Hindari makan ikan laut dan tawar seperti kepiting, ikan asin, dan teri. Jangan tekan bagian yang sakit, bekerja terlalu capek, dan tidak boleh emosional.

Resep 1

Bahan

–          Rimpang temu putih sebesar telor itik 1 biji

–          Rimpang temu mangga sebesar telor ayam 1 biji

Cara membuat

Kupas kedua bahan, cuci, lalu iris. Rebus dengan 5 gelas air hingga tinggal 4 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masing-masing 2/3 gelas sesudah makan. Lakukan selama 1 bulan berturut-turut. Jika ada perubahan, lanjutkan pada bulan berikutnya. Kombinasikan dengan resep 2.

Resep 2

Bahan

–          Daun dan batang benalu eruk nipis yang dicacah ½ genggam

–          Daun sambiloto segar 11 lembar

–          Jadam arab sebesar biji jagung 7 biji

Cara membuat

Cuci bersih daun benalu dan sambiloto. Rebus dengan jadam arab dalam 4 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Angkat dan saring. Minum sekali sehari masing-masing 2/3 gelas pukul 20.00, sebelum tidur. ***

Toksoplasma

Saya ibu rumah tangga, sudah tiga kali keguguran. Setelah dites ternyata terkena toksoplasma. Sampai sekarang masih berobat. Saya terakhir melahirkan pada Juli 2004. Hasil terakhir pemeriksaan dokter, saya masih positif, walaupun sudah agak berkurang. Mohon resep untuk mengatasi penyakit itu.

Nunung
PT Nuyan Group
Jl. Raya Tanjung Bintang, Sukanegara
Sindangsari, Lampung Selatan
R. Broto Sudibyo, BSc.

Untuk penyakit ini, di klinik kami sudah ada obat tradisional dalam bentuk pil atau bubuk. Anda bisa pesan ke R. Broto Sudibyo, BSc, Jl. Tamansiswa No.72 Yogyakarta 55151. Jika tersedia bahannya, Anda bisa membuat ramuannya sendiri. Hindari makan ikan laut, ikan tawar, ikan kering, dan terasi. Jangan terlalu capek dan pikiran harus tenang.

Resep 1

Bahan

–          Rimpang temu putih sebesar telor itik 1 biji

–          Rimpang temu mangga sebesar telor itik 1 biji

–          Rimpang kunir putih 7 biji

Cara membuat

Kupas semua bahan, cuci, lalu iris tipis. Rebus dalam 5 gelas air hingga tinggal 4 gelas. Angkat dan saring. Minum 2 kali sehari masing-masing 2/3 gelas sesudah makan setiap pukul 08.00 dan 18.00 selama 3 bulan. Kombinasikan dengan resep 2.

Resep 2

Bahan

–          Daun kaki kuda dengan tangkainya 1 genggam

–          Daun sambiloto segar 11 lembar

–          Batang dan akar rumput meniran 2 batang

Cara membuat

Cuci semua bahan. Rebus dalam 4 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Minum 2 kali sehari masingmasing 2/3 gelas setiap pukul 13.00 dan 20.00.***

Telinga Bernanah

Usia saya 19 tahun. Waktu usia 7 tahun telinga saya pernah kemasukan air. Sampai sekarang sering keluar darah dan nanah. Saat usia 14 tahun, tidak keluar nanah lagi, tapi pendengaran jadi terganggu. Saat diperiksa dokter, saya terkena infeksi telinga bagian tengah dan harus dioperasi. Mohon resep untuk mengatasi penyakit ini.

Ati Rosmayati
Kp Tembangsari RT 03 RW 03 Desa Cihampelas
Cililin, Bandung
R. Broto Sudibyo, BSc.

Penyakit Anda perlu pengobatan dan perawatan teratur, apalagi sudah kronis. Penyakit ini dinamakan otitis media atau infeksi telinga bagian tengah. Untuk itu, hindari mengorek lubang telinga.

Resep 1

Bahan

–          Rajangan daun kuping macan 1 sendok makan

–          Rajangan biji kapas tahun 1 sendok teh

–          Bawang merah parut 1 sendok teh

–          Minyak kelapa asli 5 sendok makan

Cara membuat

Rajang lembut daun kuping macan dan biji kapas. Campur rata semua bahan, bungkus dengan daun pisang klutuk. Kukus ¼ jam. Angkat dan peras. Simpan dalam botol steril. Teteskan minyak pada telinga yang sakit 2 kali sehari masing-masing 2 tetes. Tutup dengan kapas. Lakukan sampai sembuh. Kombinasikan dengan resep 2.

Resep 2

Bahan

–          Daun kaki kuda/pegagan/antanan 17 lembar

–          Daun sambiloto segar 11 lembar

–          Rimpang kunyit sebesar telur ayam 1 biji

Cara membuat

Kupas kunyit, cuci, dan iris tipis. Rebus semua bahan dengan 4 gelas air hingga tinggal 3 gelas. Angkat dan saring. Minum 3 kali sehari masing-masing ½ gelas sesudah makan. Lakukan selama sebulan.***

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id— “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari, Kecamatan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img