Thursday, July 25, 2024

Varietas Silo dan Hade, Jagung Manis dengan Produktivitas Tinggi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Varietas jagung manis yang bisa jadi pilihan petani adalah varietas Silo. Jagung manis Silo memiliki beragam keunggulan. Seluruh tongkol bernas dengan bobot rata-rata 250–300 gram/tongkol. Silo mempunyai 2 tongkol dengan produksi mencapai 0,4 kg/tanaman.

Varietas produksi Syngenta Indonesia itu memiliki tinggi tanaman 170–180 cm. Tongkol rata-rata muncul pada ruas ke-4 dan 5. Istimewanya lagi, Silo berumur genjah, bisa dipanen pada umur 65 hari sejak tanam. Normalnya, jagung manis panen pada usia 68–70 hari.

Selain Silo, masih ada varietas jagung manis yang produktivitasnya tinggi. Varietas lain itu adalah jagung manis Hade. Bedanya, varietas Hade tidak bertongkol 2 seperti Silo, tetapi bobot per tongkol mencapai 400–550 gram.

Dengan bobot itu, dari 200 tanaman misalnya, dapat dipanen 100 kg jagung manis. Besarnya bobot itu mirip dengan Sugar 75, varietas dari Syngenta lainnya. Akan tetapi, tongkol Sugar 75 lebih panjang 2–3 cm.

Sosok tanaman Hade mirip Silo, tinggi tanaman 170–180 cm. Setiap tongkol Hade bernas dengan bulir-bulir bulat dan besar. Oleh karena itu, rendemen Silo dan Hade tinggi.

Meskipun produktivitas keduanya tinggi, tanpa pemupukan yang benar tetap saja tidak memuaskan. Varietas Silo dan Hade disemai terlebih dahulu selama 10 hari sebelum siap dipindah ke lahan.

Sepekan pascatanam, dikocorkan pupuk SP-36 dan urea sebanyak 2 gram per tanaman yang dilarutkan dalam 100 cc air. Pupuk kembali dengan SP-36 (40%) dan urea (60%) sebanyak 5 gram per tanaman saat berumur 25 hari.

Sepuluh hari kemudian, berikan ZA dan phonska pupuk majemuk 1:1 sebanyak 5–7 gram per tanaman. Campuran itu yang membuat tongkol bernas. Meski memiliki keunggulan, Silo dan Hade rentan diserang hama penggerek batang.

Hama itu dapat dicegah dengan pemberian pestisida berbahan 2,3–dihidro 2,2,-dimetil-7-benzoil metilkarbamat sebanyak 1 kg untuk lahan seluas 1.000 m2.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Kembangkan Kelapa Genjah Merah Bali, Pekebun Panen Lebih Cepat

Trubus.id—Gede Sukrasuarnaya kesengsem penampilan kelapa genjah merah bali. “Warnanya cantik jingga kemerahan. Buahnya lebih banyak dan lebih besar dibandingkan...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img