Saturday, April 13, 2024

Vertikultur Praktis dari Kaleng Bekas: Minim Perawatan Hasil Melimpah

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Jangan buang kaleng bekas! Ya, Anda dapat menyulap kaleng bekas itu untuk vertikultur. Kaleng cat bekas dan es krim berdiameter 15 cm cocok untuk tempat menanam ragam sayuran secara vertikultur praktis.

Untuk media tanam Anda dapat menggunakan campuran sekam mentah, serbuk gergaji, dan kompos, serta tanah sebagai media tanam sayuran. Tiga media pertama sebagai otek alias organik tepat guna. Perbandingannya 1:1:1:1.

Untuk komoditas umbi-umbian ia memanfaatkan campuran otek, sekam bakar, dan sekam mentah dengan perbandingan 1:1:1. Khusus untuk padi, dapat memilih sekam mentah, serbuk gergaji, dan kompos untuk media tanam.

Vertikultur praktis sejatinya bukan barang baru, ada sejak 1990-an. Umumnya pekebun menggunakan bambu, polietilenchlorida (PVC), dan pot. Namun, Anda dapat memanfaatkan barang bekas. Dengan sistem budidaya vertikal, sangat memungkinkan untuk melakukan intensifikasi.

Pada sebuah kaleng Anda dapat  membuat 45 lubang tanam. Pada luasa 1 m2 Anda membuat 4 susun vertikultur. Satu susun terdiri atas 10 kaleng. Oleh karena itu jumlah lubang tanam dalam 4 susun mencapai 1.800 buah.

Selain menghemat lahan, metode itu juga minim perawatan. Untuk penyiraman, cukup memutar kran. Campuran air dan nutrisi di tandon yang posisinya lebih tinggi daripada susunan vertikultur mengalir ke pot teratas.

Anda dapat menutup permukaan atas setiap pot tertinggi dan membuat puluhan lubang berdiameter 2 mm. Larutan nutrisi mengalir ke pot di bawahnya, begitu seterusnya hingga pot paling dasar. Dalam sehari larutan nutrisi diberikan 3 kali, sebanyak 2,5 l.

Nutrisi pertumbuhan terbuat dari gula dan unsur-unsur lain yang difermentasi selama sepekan. Anda dapat memasukkan campuran 1 liter nutrisi ke dalam 20 liter air. Cairan itu berfungsi sebagai sumber unsur hara yang diperlukan tanaman untuk tumbuh.

Hasilnya, pertumbuhan lebih cepat, panen lebih cepat, dan produksi meningkat. Walau dalam 1 kaleng ditanami puluhan tanaman, tidak akan terjadi kompetisi, karena unsur hara yang diperlukan sangat melimpah.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img