Monday, July 15, 2024

Atur Waktu Tanam, Petani di Lubuk Cuik Tanam Cabai Antirugi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id–Pengaturan waktu tanam salah satu upaya petani cabai menjaga harga di daerah sentra. Petani di Desa Lubuk Cuik, Kecamatan Lima Puluh Pesisir, Kabupaten Batubara, Provinsi Sumatra Utara, misalnya memiliki jadwal tanam cabai tersendiri berdasarkan musyawarah.

Para petani kompak menanam cabai sesuai jadwal tanam yang disepakati bersama. Mereka menyadari luasnya lahan cabai di Kecamatan Lima Puluh Pesisir yang mencapai sekitar 630,52 hektare (ha) menjadi ancaman tersendiri bagi kesinambungan harga cabai.

Maka untuk menyiasati agar tidak terjadi kerugian, para petani melalui kelompok tani berkoordinasi untuk melakukan penanaman bergilir yang disepakati oleh setiap desa. Selain menjaga harga, juga untuk memutus rantai hama dan penyakit yang kerap mewabah.

“Petani harus legowo menerima kesepakatan waktu tanam. Itulah kunci kami tetap eksis berbudi daya cabai disini,” tutur Ketua Kelompok Tani Tani Makmur, Salidi. 

Panen cabai di Desa Lubuk Cuik berkesinambungan. Interval waktu tanam antardesa 10-15 hari sehingga waktu panen tidak bersamaan. Cara itu menjaga pasokan cabai agar tidak berlebihan sehingga harga cabai tidak jatuh.

Meski begitu ada beberapa kejadian saat para petani merugi karena harga produksi cabai lebih tinggi daripada harga produksi. Musababnya kelebihan pasokan (oversupply) cabai di pasar nasional. 

“Kalau harga semampu kami mengelola, tetapi tetap tidak bisa mengontrol harga dan pasokan dari tempat lain yang berdampak pada harga cabai kami,” kata Ketua Kelompok Wanita Tani Sawitri Seroja, Sinta. 

Salidi mengatakan, kelebihan lain pengaturan waktu tanam yaitu kerusakan cabai akibat serangan hama dan penyakit tanaman menurun drastis hingga 80%.

Upaya mengatur jadwal tanam itu membuahkan hasil. Lazimnya harga cabai terjun bebas menjadi Rp7.000 per kilogram (kg), terutama saat panen raya. Kini harga cabai di Desa Lubuk Cuik relatif stabil yakni Rp25.000—Rp50.000 per kg.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Tiga Bahan Alami untuk Ternak Ayam

Trubus.id—Lazimnya kunyit sebagai bumbu masakan. Namun, Curcuma domestica itu juga dapat menjadi bahan untuk menambah nafsu makan ayam....
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img