Sunday, June 16, 2024

Beragam Cara Mengusir Penyakit Diabetes yang Wajib Anda Coba

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id — Ada banyak hal yang bisa dilakukan dengan cara sederhana untuk mengusir penyakit diabetes dari tubuh. Di antaranya mandi air hangat, konsumsi daun murbei, labu, ataupun mengonsumsi ikan laut.

Air hangat

Mandi tak sekadar membersihkan dan menyegarkan badan, tetapi juga menyembuhkan beberapa penyakit. Penelitian yang diterbitkan New England Journal of Medicine menunjukkan, penderita diabetes yang berendam dalam air hangat selama setengah jam dapat menurunkan kadar gula darah hingga 13%.

Air hangat bersuhu 32–35°C mampu membuka pori-pori dan mengeluarkan racun yang mengendap di dalam tubuh. Berendam dalam air hangat juga menyembuhkan nyeri otot dan menjaga usus besar bekerja dengan baik.

Daun murbei

Daun murbei bukan sekadar makanan utama ulat sutera. Ia ternyata memiliki sifat antidiabetes. Hasil penelitian National Institute of Agrobiological Science, Jepang membuktikan aktivitas senyawa alkaloid acarbose dalam daun murbei mampu menghambat kinerja alfa glukosidase dan mengintervensi proses hidrolisis karbohidrat. Keduanya penyebab penyakit diabetes.

Selain itu, acarbose juga menghambat penyerapan glukosa berlebih dan gula yang masuk dalam tubuh diproses secara lambat. Itu artinya, mengonsumsi daun murbei menghindari peningkatan gula darah dalam tubuh.

Untuk menghilangkan derita penyakit gula, disarankan mengonsumsi 200 gram daun murbei setiap hari.

Buah labu

Meski manis, buah labu parang Cucurbita moschata justru disarankan dikonsumsi diabetesi—pengidap diabetes melitus. Konsumsi 300 mg labu parang, mujarab mereduksi jumlah injeksi insulin—obat bagi pengidap diabetes melitus tipe 1.

Kerabat mentimun itu kaya antioksidan dan d-chiroinositol. Yang disebut terakhir merupakan molekul yang bertanggung jawab pada aktivitas insulin. Molekul itu meningkatkan kadar insulin darah.

Akibatnya, kadar gula darah yang menjulang pun turun. Labu parang yang lazimnya dikolak dan sebagai penghias perayaan Halloween itu juga menurunkan oksigen oksidatif, perusak membran sel beta yang memproduksi insulin.

Ikan laut

Sudah lezat, berkhasiat obat pula. Itulah ikan laut yang manjur mencegah diabetes melitus sebagaimana hasil penelitian Mercedes Sotos Prieto, periset dari Universitas Valencia, Spanyol. Prieto membuktikan, rutin mengonsumsi ikan laut mengurangi risiko terkena diabetes tipe 2.

Penyakit itu akibat menurunnya kemampuan insulin—hormon yang berasal dari pankreas—untuk mengatur gula darah. Nah, asam lemak tak jenuh omega 3 yang terkandung pada ikan meningkatkan sensitivitas insulin.

Ikan yang kaya omega 3 antara lain kakap merah Lutjanus sanguineus mencapai 35,19%, tongkol Euthynus affinis (30,78%), dan selar Caranx leptolepis (30,76%).

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Berniaga Bibit Buah Naga, Pekebun di Subang dapat Cuan Puluhan juta

Trubus.id—Dedi Sumardi selalu kebanjiran pesanan ribuan bibit buah naga. Total sekitar 2.480 batang bibit yang terjual dalam sebulan.  Ia...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img