Monday, November 28, 2022

Berpacu Menggapai Langit

Rekomendasi

Bakau Rhizophora spRibuan pohon bakau Rhizophora sp itu menancapkan akar tongkat mereka di lahan seluas 99,82 ha di Muaraangke, Jakarta Utara. Bakau mengembangkan akar bagai lengan gurita itu sebagai bentuk adaptasi terhadap tanah tepi pantai yang labil dan adanya pasang surut air laut.

Jabon Anthocephalus cadamba di kebun Sugiarto Budiono di Sentul, Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, juga berakar bagai lengan gurita. Pada umur setahun delapan bulan pohon itu menjulang menggapai langit hingga 8 m, diameter batang 18 – 20 cm. Lazimnya pada umur sama tinggi jabon 6,5 m dan diameter batang 12 – 13 cm.

Kian banyak akar, makin banyak “tangan” mengambil nutrisi untuk diolah di daun. Perpanjangan “tangan” di akar juga terjadi jika pekebun menggunakan pupuk hayati mengandung mikrob contohnya cendawan mikoriza. Pohon bermikoriza bagaikan memiliki “akar tambahan” dengan jangkauan 2 – 3 kali lebih jauh ketimbang akar tanaman itu sendiri. Dengan begitu jabon cepat tumbuh, cepat panen, dan cepat menghasilkan rupiah (Evy Syariefa)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Cara Membangun Rumah Walet agar Walet Mau Bersarang

Trubus.id — Rumah walet tidak bisa dibuat asal-asalan. Perlu riset khusus agar rumah itu nyaman ditempati walet. Mulai dari...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img