Tuesday, February 27, 2024

Cara Hasilkan Kelapa Pandan Wangi Bermutu Tinggi

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Konsumen menyukai kelapa pandan wangi lantaran cita rasa yang manis hingga 8°brix (rata-rata kelapa lain 4—4,5°brix) dan aroma harum pandan yang membuat konsumen ketagihan.

Menurut pemilik kafe yang menyediakan menu kelapa pandan wangi di Kota Medan, Provinsi Sumatra Utara, Zulham Junaidi, permintaan kelapa pandan wangi tinggi saat cuaca panas dan pada sore menjelang malam.

“Bisa menjadi minuman alternatif kopi saat sore terutama konsumen yang susah tidur jika minum kopi saat sore,” kata pria pemilik 2 kafe di Sumatra Utara itu.

Lantas bagaimana menghasilkan kelapa pandan wangi bermutu? Menurut pekebun kelapa pandan wangi di Kecamatan Pantaicermin, Kabupaten Serdangbedagai, Provinsi Sumatra Utara, Jasman Silitonga, S.E., kualitas benih berpadu perawatan budidaya amat berperan terhadap hasil panen optimal dan bermutu.

Jasman menyarankan pekebun memilih bibit tersertifikasi demi menghasilkan kelapa pandan wangi optimal. “Paling mudah membedakan bibit dengan label biru, karena telah mengalami sortir ketat sehingga mutunya terjamin,” kata Jasman.

Cara yang kerap dipakai memastikan bibit pandan wangi dengan cara menyobek daun bibit kemudian membakarnya. Daun bibit pandan wangi lazimnya mengeluarkan aroma pandan ketika diremas atau dibakar. Bagian lainnya yang mengeluarkan aroma pandan yakni akar.

Aroma pandan muncul terutama jika akar diremas. Namun, itu bukan jadi parameter utama. Pasalnya, parameter itu bisa saja ada pada bibit kelapa pandan wangi hasil persilangan.

“Bibit hasil persilangan sembarang kualitas buah dan hasil panen lebih sedikit dibandingkan dengan bibit label biru hasil seleksi ketat,” kata pekebun kelapa pandan wangi sejak 2001 itu.

Kriteria bibit dari hasil seleksi ketat yakni berbuah perdana pada umur 2,5 tahun. Adapun potensi tanaman berumur lebih dari 4 tahun sudah stabil menghasilkan 150 buah per tahun. Bibit sembarang hasil panennya lebih sedikit.

Beberapa kasus hanya 3—4 buah pada umur 4 tahun. Oleh sebab itu, pembibit wajib mengisolasi kebun bibit pandan wangi agar tidak terjadi penyerbukan silang.

“Jarak minimal 200 meter dengan kelapa jenis lain jika untuk pembibitan,” kata Jasman. Menurut Jasman perawatan intensif cara lain untuk menghasilkan kelapa pandan wangi berkualitas.

Anda bisa membacanya lebih lanjut di Majalah Trubus Edisi 647 Oktober 2023. Majalah Trubus mengupas tuntas peluang bisnis kelapa pandan wangi. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 647 Oktober 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Konsumsi Jamur dari Hasil Budidaya Organik

Trubus.id— Prinsip dasar pertanian atau budidaya jamur organik memang meminimalkan penggunaan bahan dari luar lingkungan seperti penambahan zat tumbuh...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img