Saturday, June 22, 2024

Cara Hasilkan Minyak Moringa Bermutu

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Masyarakat mengenal biji moringa atau kelor untuk menjernihkan air. Sejatinya daun kelor itu dapat menjadi minyak. Menurut produsen olahan moringa Ir. Ai Dudi Krisnadi,  minyak moringa untuk kesehatan justru begitu populer di luar negeri.

Minyak moringa popular seperti di Filipina, Korea Selatan, Jepang, India, dan negaranegara di Benua Eropa. Di Filipina, misalnya, sebuah perusahaan kosmetik memproduksi produk perawatan rambut dan kulit bermerek Malunggay. Nama itu diambil dari sebutan moringa di Filipina.

Minyak biji moringa berkualitas baik berwarna keemasan. Meski demikian dalam proses pengeringan terlarang menggunakan suhu tinggi agar kandungan senyawa aktif terlindungi.

Oleh karena itu, Dudi mengeringkan biji yang telah dikupas pada rak di dalam ruangan bersuhu maksimal 35oC selama 3 hari. Berikut cara membuat minyak moringa.

Produksi Minyak Moringa

  1. Kupas biji moringa hingga yang tersisa hanya bagian dalam biji atau kernel berwarna putih.
  2. Keringkan kernel biji kelor pada rak-rak, lalu simpan di ruangan bersuhu maksimal 35oC. Kernel biji moringa biasanya siap olah setelah pengeringan selama 3 hari.
  3. Masukkan kernel biji moringa yang sudah kering ke dalam kantung kain. Setiap kantung berisi 2,5 kg kernel biji kelor.
  4. Masukkan kantong pada lubang mesin pengempa, lalu tutup dan kunci hingga benar-benar rapat dan kuat agar dapat menahan tekanan selama pengempaan.
  5. Nyalakan mesin pengempa, lalu tunggu hingga bagian pengempa terasa hangat agar biji terangsang mengeluarkan minyak pada saat dikempa.
  6. Setelah hangat, aktifkan bagian pengempa hidrolik sehingga menekan kantung berisi kernel dengan tekanan 20—60 psi secara bertahap. Pada saat pengempaan minyak biji kelor akan keluar dari tepi alat pengempa dan jatuh pada penampung.
  7. Pindahkan minyak biji moringa hasil kempa ke dalam wadah.
  8. Biarkan selama 15 hari untuk mengendapkan bubur biji sehingga terpisah antara endapan dan minyak murni.
  9. Saring minyak biji moringa untuk menghasilkan minyak biji moringa murni.
  10. Kemas minyak moringa murni dalam botol kaca 20 ml dan botol plastik untuk kemasan 100 ml atau olah menjadi aneka jenis kosmetik. Minyak biji kelor dapat bertahan tidak tengik lebih dari lima tahun. ***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img