Saturday, June 22, 2024

Mengenal Kucing Lykoi Milik Pehobi di Indonesia Sukses Raih Juara Dunia

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—Sekilas tampang kucing lykoi mirip serigala. Pantas saja nama ras baru asal Amerika Serikat itu berasal dari bahasa Yunani, lycanthrope, yang berarti manusia serigala. “Lykoi kucing di Amerika yang bagian muka, tangan, dan dagu terekspos,” ujar Dharmawijaya W., S.P.

Pasangan peternak kucing asal Tennessee, Amerika Serikat Johnny dan Brittney Gobble penangkar kucing langka itu. Mereka memulai garis keturunan lykoi sejak 2011.

Sekilas penampilan lykoi mirip sphynx dan devon rex. Namun beberapa peneliti membuktikan lykoi bukan dari perkawinan dua kucing itu. Melainkan mutasi alami seekor kucing domestic shorthair.

Pehobi dan penangkar kucing lykoi di Kecamatan Ciracas, Kota Jakarta Timur, Provinsi Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta, itu menuturkan bahwa sejatinya lykoi ada sejak 1991.

Semula lykoi hanya berwarna hitam dan beruban (black roan). Kini mulai bermunculan lykoi berbulu biru atau sebenarnya abu dan putih solid.

Standar WCF lykoi itu berpenampilan lentur, ramping, tidak kurus atau terlalu berotot, telinga tegak, bulu wajib hitam dengan uban (roan) yang seimbang. Salah satu kucing hasil tangkaran Dharma yang berpenampilan prima yakni Love Marco Herse. 

Penampilan kucing itu hampir sempurna. Tubuh ramping, tidak kurus dan tidak terlalu berotot, telinga tegak, serta berwarna bulu hitam (n-black). Uniknya sekitar mata, hidung, misai, dan jari kucing hasil tangkaran Dharma itu tanpa bulu.

Love Marco Herse, kucing ras lykoi terbaik ke-2 di dunia berdasarkan World Cat Federation (WCF) pada 2023. Saat itu Herse meraih 2ndBest Lykoi National Winner dan 9th Best Indonesia Winner. Kucing betina itu lahir dari induk bernama Neytiri of Marco pada 25 Juli 2022.

Dharma juga sukses membawa dua kucing lykoi impor miliknya menjadi juara dunia pada 2023. Honey Sviatoslav sebagai lykoi terbaik pertama di dunia yang bergelar Grand International Champion dan Galaktika Sviatoslav terbaik ketiga bergelar CH. Champion.

Kedua kucing itu berusia 2 tahun. Honey kucing jantan dan Galaktika kucing betina dengan warna n-black roan. “Saya mendatangkan kedua kucing itu dari Rusia pada 2022. Saat itu kucing lykoi berumur 5—6 bulan,” kata Dharma.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img