Saturday, June 22, 2024

Produsen Benih Jagung, Hasilkan 9 Varietas Unggul

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id—“Mungkin perusahaan kami relatif baru, tetapi kami tetap optimis beberapa tahun mendatang bisa mendunia,” itulah ucapan yang selalu terlontar dari chief executive officer (CEO) PT Restu Agropro Jayamas (RAJA), Dedy Supriadi, S.P., M.Si.

Perusahaan yang berpusat di Kabupaten Kediri, Provinsi Jawa Timur, dan Kabupaten Klaten (Provinsi Jawa Tengah) itu memang bisa dibilang baru dalam industri perbenihan nasional. PT RAJA baru berdiri pada 2019 tetapi sudah menghasilkan 9 varietas benih jagung unggul.

“Untuk riset kami mulai sejak tahun 2018,” kata Dedy. Semua produk yang dihasilkan mengakomodasi kriteria benih jagung yang dikehendaki petani.

Menurut petani, jagung unggul itu hasil panen tinggi, rendemen tinggi, tahan kekeringan, tahan genangan, pertumbuhan optimal meski pupuk rendah, toleran serangan penyakit utama seperti bulai dan hawar, serta adaptif terhadap perubahan iklim.

Menurut Dedy benih berkualitas amat menunjang keberhasilan budidaya jagung. “Dengan adanya teknologi benih hibrida berkualitas kami harapkan tidak ada lagi petani yang gagal panen,” kata Dedy.

Berkat menjaga mutu benih jagung yang berkualitas, permintaan benih kreasi PT RAJA hingga ke mancanegara. “Petani jagung di Kota Kolombo, Sri Lanka, tertarik menggunakan teknologi benih kreasi kami,” kata kandidat doktor ilmu pertanian Universitas Brawijaya itu.

Direktur PT RAJA, Hartanto, optimis perkembangan perusahaan yang bisa ambil bagian di pasar global. Saat ini market share PT RAJA sudah skala nasional antara lain Pulau Sumatra, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. “Kami hadir di sentrasentra penghasil jagung di tanah air,” kata Hartanto.

Lebih lanjut ia menuturkan, PT RAJA memiliki beberapa divisi demi mengoptimalkan dan menjaga mutu produksi benih. Ada divisi riset dan pengembangan (research and development), tata niaga (supply chain), pemasaran (sales and marketing), dan kantor (office administration).

“Kami memastikan mutu dan produksi benih tetap terjaga hingga sampai ke tangan petani,” ucap Hartanto.

Salah satu bentuk inovasi PT RAJA mengemas benih dalam kemasan ember. Tujuannya menjaga mutu benih tetap awet selama penyimpanan. Harap maklum petani kerap menyimpan benih jagung selama berbulan-bulan sebelum menanam.

“Kemasan ember aman dari hama kutu, tikus, atau bahkan pencurian. Harapannya petani puas dengan produk kami,” kata Hartanto.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Atasi Serangan Kumbang Tanduk dan Rontok pada Bunga Anggrek

Trubus.id—Kumbang tanduk Oryctes rhinoceros kerap membuat para hobiis anggrek geram. Pasalnya, menggerek pucuk bunga dan bagian tanaman anggrek lainnya...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img