Saturday, April 13, 2024

Cara Mudah Bikin Kefir Bercitarasa Lezat

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Pemilik Kefir Beauty, H Kemal Faisal Ferik CH CHT, berpendapat kefir berkualitas adalah solusi berbagai macam penyakit. “Pada usia di atas 30 tahun, manusia mengalami disfungsi sel 1% tiap tahun. Kefir adalah solusi untuk mengembalikan disfungsi sel itu,” katanya.

Ia menuturkan, 60 mikrob yang terkandung dalam kefir dapat melancarkan metabolisme. Jika metabolisme lancar sel dalam tubuh cepat beregenerasi. Berikut cara mudah membuat kefir bercitarasa lezat. Salah satunya dengan bibit kefir berkualitas.

Bibit kefir yang berbentuk gumpalan memerlukan asupan laktosa rutin agar bertahan hidup. Menurut Faisal bibit tidak bisa diciptakan tetapi hanya bisa diperbanyak.

Dosis yang kerap ia pakai adalah 50 gram bibit untuk 1 liter susu. “Jika susunya berkualitas, peningkatan jumlah bibit bisa 10% per sekali fermentasi 2 x 24 jam,” katanya. Adapun untuk perawatan dalam stoples berdiameter 20 cm.

Faisal menambahkan susu untuk merendam bibit kefir hingga ketinggian 5 cm lebih tinggi dari bibit. Pemilik kefir beauty itu rutin menambahkan susu tiap pekan untuk memelihara bibit. “Susu berkualitas menjadikan bibit atau grain berkualitas juga,” katanya.

Menurut Dr Sri Usmiati, memelihara bibit kefir memerlukan susu dengan total solid minimal 12%. Jika total solid kurang dari 12% grain akan berkurang.

Total solid tinggi pada susu mempermudah mikrob memadatkan susu menjadi granular. Bentuk granular padat sebagai tempat tinggal mikrob. “Rutin menambahkan susu tiap 2—4 pekan disarankan untuk mempropagasi mikrob,” kata Sri. Adpun jika total solid kurang dari 12% dapat menambahkan susu skim.

Menurut produsen di Kota Cimahi, Jawa Barat, Teddy Cahya, mengguncangkan atau mengaduk bibit selang 12 jam bertujuan meratakan bibit pada saat fermentasi. “Rata-rata guncangan atau adukan 50 kali dalam 1 menit lebih disarankan,” katanya.

Teddy menyarankan mengangkat bibit setalah 24 jam fermentasi. “Setelah 24 jam, minuman kefir bisa terfermentasi dengan sendirinya sampai pH turun menjadi 2,8,” katanya

Cara Membuat Kefir

  1. Sediakan susu segar sesuai kebutuhan. Rendemen pembuatan kefir 90%. Jika tidak yakin segar panaskan selama 5—10 menit dengan api kecil. Bisa juga menggunakan susu hasil pasteurisasi.
  2. Tambahkan bibit kefir (grain) pada susu dengan dosis 3—10% susu. Lakukan pencampuran di tempat yang bersih dan alat higienis. Orang yang mencampur pun harus bersih dan sehat.
  3. Fermentasi pada suhu kamar selama 24 jam. Untuk memastikan, gunakan pH meter dan ukur tingkat kemasan setiap 12 jam hingga nilai pH kefir yang diinginkan.
  4. Setiap 12 jam aduk perlahan atau guncangkan pelan agar bibit tersebar merata. Rata-rata jumlah adukan atau guncangan 50 kali per 12 jam.
  5. Setelah fermentasi usai, larutan kefir terdiri atas tiga bagian, yakni cairan putih kental atau curd, cairan bening alias whey, dan bibit kefir disebut grain.
  6. Pisahkan bibit kefir dan minuman kefir—berwarna putih dan bening—menggunakan saringan sederhana atau menggunakan kertas saring sesuai kebutuhan.
  7. Simpan kefir pada kemasan dan tutup rapat. Pada suhu ruang minuman kefir bisa bertahan hingga 7 hari. Pada kulkas 3 bulan, dan pada frezer bisa bertahan 6—12 bulan.
  8. Kefir siap konsumsi. Konsumsi bisa dengan menambahkan madu, susu kental manis, mencampur salad buah, atau dibuat smoothies.***
- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Rawat Si Engkong : Durian Tua Berumur 100 Tahun

Trubus.id— Pohon durian setinggi 40 m itu berdiri kokoh di lokasi penanaman durian populer seperti super tembaga, bawor, musang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img