Sunday, August 14, 2022

Cat Show “Shopping With Cats” 2006 Ari-Al’s Rafaello of BJ Kembali Berjaya

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img

Dengan mata besar nan indah, Rafaello—begitu ia biasa disapa—mencuri hati Ir Ronny Rachman Noor Mrur Sc PhD. Juri lomba asal Bogor itu mengganjar persia berbulu blue tabby mackerel itu sebagai best in show Cat Show “Shopping With Cats” 2006.

Persia milik Sisca dari Bandung itu tampil prima. Mata besar, kuping kecil, kepala besar, tulang kokoh, dan tubuh tabby. Kecantikannya kian menonjol dengan corak bulu abu-abu nan lebat dan panjang. Wajar bila juri dan sebagian besar penonton kontes jatuh hati. “Sampai di babak fi nal kondisi Rafaello paling bagus. Itu jadi nilai tambah. Matanya pun cepat merespon,” ujar juri yang juga berprofesi sebagai dosen di Fakultas Peternakan IPB.

Kondisi itu berbeda jauh dibandingkan 3 hari sebelum bertanding. Saat itu kondisi Rafaello drop lantaran baru kawin dengan persia lain asal Jerman. Makanya Sisca ragu untuk mengikutsertakan Rafaello. Namun, termotivasi ingin merebut kembali predikat terbaik, pemilik Karya Umbi itu bekerja keras memulihkan Rafaello. Hasilnya tidak sia-sia, kucing berumur 23 bulan itu merengkuh juara terbaik.

Lawan tangguh

Kemenangan Rafaello penuh semakduri. Di babak best in show ia harus mengalahkan 2 lawan tangguh, LTCH Ilyusha of Ganswed dan GC Gemstone Machoman of Ganswed. Ilyusha, kucing milik Mohammad Ali Suwed yang langganan jawara itu sempat mengalahkan Rafaello dan merebut best of the best di Trubus Cat Show 2006. Beruntung kali ini penampilan Ilyusha kurang prima, terutama di babak akhir, sehingga bisa dibalas. “Matanya layu, tanda kelelahan” ujar Ronny.

GC Gemstone Machoman of Ganswed pun yang biasanya garang, tampil kurang “darah”. Kondisi itu menyebabkan persia yang pernah menjadi terbaik di Tasmania, Australia, pada 2004 itu kurang responsif. Ketika juri “menggodanya” dengan mainan ia hanya terdiam. Kesempatan itulah yang dimanfaatkan Rafaello untuk mengalahkannya.

Keberhasilan Rafaello diikuti kedua anaknya: Bocasana’s Love Bug of Ganswed dan Schelby Cat’s Miss Soff y of Ganswed. Mereka masing-masing mengantongi best kitten pertama dan ketiga. “Penampilan mereka prima,” kata Ronny.

Acara yang berlangsung di WTC Serpong itu mengundang perhatian banyak pengunjung. Itu karena kehadiran 70 persia dan norwegian forest yang tampil memukau. Maklum mereka sebagian besar peraih gelar juara di berbagai kontes. Apalagi kontes bertajuk Shopping With Cats itu dikemas dengan baik. “Pengunjung selain menikmati keindahan kucing, juga bisa sekaligus berbelanja,” kata Eva, ketua panitia. Bagi Cat Funky Club sebagai penyelenggara, keikutsertaan ekspatriat juga membanggakan hati. (Lastioro Anmi Tambunan/Peliput: Cacang Eff endi)

 

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img