Tuesday, November 29, 2022

Dewa Siwa Naik Takhta di Kuta

Rekomendasi

Dengan kehadiran Siwa, diharapkan manusia jadi lebih waspada. Bila berani berbuat ulah, tunggu saja kerusakan alam semesta karena sang dewa murka.

Gara-gara menampilkan tema itu, 3 juri dalam lomba mengukir buah (fruit carving) di Hotel Sahid Raya Bali, Kuta, Bali, sepakat menobatkan karya I Wayan Darto Rendra sebagai kampiun. “Ukiran ini kuat melambangkan ajeg Bali. Menurut kepercayaan masyarakat di sini, Dewa Siwa sangat diagungkan karena bila ia marah Bali bisa rusak,” tutur I Ketut Darta, ketua dewan juri.

Toh, tak melulu tema yang membuat ukiran buah buatan chef The Patra Bali Resort itu mengalahkan lawanlawannya. Pemilihan jenis buah serta motif dan kehalusan ukiran juga jadi kunci kemenangan. Kehalusan ukiran membuat wajah sang dewa seakan nyata.

Darto Rendra membentuk kepala Siwa dari pepaya dengan hiasan mahkota berbahan labu parang. Ia bersemayan di atas singgasana dari semangka kuning berukir bunga nan indah. Di bagian bawah hadir beragam bunga dari wortel, bit, dan lobak serta dedaunan berbahan kulit semangka. Pun batu-batu dari kluwak dan pala. Semuanya melambangkan keserasian antara alam, manusia, dan Tuhan.

Pesan damai

Pemilihan tema dan keterampilan “meracik” buah menjadi karya seni memukau memang kriteria utama lomba mengukir buah yang diprakarsai Dinas Pertanian Provinsi Bali itu. Sebagai juara ke-2 muncul ukiran buah bertajuk Romantika. Karya chef Kuta Paradiso Hotel itu menampilkan keserasian alam dan perdamaian.

Itu digambarkan dengan kehadiran sepasang burung yang bertengger di atas hati—semuanya diukir dari labu parang. Di bawahnya kuntum bunga berwarna merah dan oranye dari semangka dan wortel merekah ditingkahi daun-daun berbahan kulit semangka nan hijau. Itu membuat komposisi warna yang dipilih tampil menarik. Selain itu, kebersihan dan ketenangan bekerja sang koki jadi poin plus.

Sementara itu, peringkat ketiga diraih oleh chef dari Inna Grand Bali Beach Hotel. Tema yang ditampilkan—Wisnu Triwikrama—sangat berhubungan dengan dunia pertanian. “Wisnu itu dewa air, pertanian tanpa air tidak akan berjalan,” kata Ketut Darta. Dalam karya itu diperlihatkan Batara Wisnu sedang mengutus patih-patihnya untuk menyediakan air di bumi.

Kepala dan mahkota sang dewa terbuat dari semangka. Di atasnya ada lambang tunas yang trubus—mirip lambang deptan—terbuat dari labu parang. Itu perlambang pertanian yang terus tumbuh.

Semua cantik

Lomba pada awal Desember 2003 itu diselenggarakan untuk meramaikan ajang Indonesia Tropical Fruit Festival. Pesertanya para koki dari berbagai hotel dan restoran di Bali serta siswa sekolah pariwisata. Pengembangan produk pertanian Bali—terutama buahbuahan —merupakan tujuan akhirnya.

Bukan perkara mudah untuk Ketut Darta, Anak Agung Putra Dalam, dan Anak Agung Raka Panji—anggota juri—memutuskan para pemenang. Maklum semua kreasi indah dan menarik. Lihat saja ukiran berjudul Refreshing. Seorang penunggang kuda dari lobak berlari di atas “bukit” semangka berukir bunga.

Atau seekor burung merak yang sedang bertengger di taman bunga dari semangka dalam karya bertema Alam Damai. Ekor yang jadi kebanggaan kelihatan cantik berbahan lobak, wortel, dan anggur. Ada juga patung Dewi Larasati—dewi ilmu pengetahuan—terbuat dari lobak sedang berdiri di atas bunga berbahan semangka.

Namun, peserta yang paling mendekati kriteria penilaianlah yang berhak menjadi jawara. “Yang ini sebenarnya bagus, tapi kebanyakan bahan dari umbi dan sayuran. Sementara tema lomba adalah buah, bahan lain hanya sebagai pelengkap,” tutur Ketut Darta sambil menunjuk karya berjudul Fish in Action. Sang pemahat ingin menggambarkan kehidupan di bawah air. Sayang, ikan-ikan indah yang berseliweran kebanyakan berbahan wortel dan lobak. Toh dengan penilaian adil, semua peserta puas. (Evy Syariefa)

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Robusta Rasa Kelapa

Trubus.id — “Kopi arabikanya enak.” Itulah yang kerap terucap dari para penikmat kopi ketika mencicipi kopi asal Desa Tamansari,...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img