Dongkrak Daya Tetas Kerapu dengan Switcher

0
Dongkrak Daya Tetas Kerapu dengan Switcher
SWITCHER dilengkapi dengan 3 sensor kualitas air yaitu suhu, pH dan salinitas.(Trubus/dok. tim SWITCHER)

Trubus.id—Daya tetas dan sintasan alias survival rate burayak kerapu amat rendah. Lihat saja UD Benur Jumbo di Kecamatan Mlandingan, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, yang hanya memanen 3.000 benih ikan kerapu berukuran 2,5 cm dari hasil penetasan 25.000 telur.

Namun, sejak Mei 2019 perusahaan itu mampu memanen 9.400 benih dari 25.000 telur. Tentu saja peningkatan hasil panen itu mendongkrak omzet. Harga benih kerapu Rp2.400 per ekor, sehingga perusahaan itu beromzet Rp18 juta.

Bandingkan dengan panen sebelumnya hanya Rp7,2 juta. Lonjakan omzet itu setelah UD Benur Jumbo menggunakan teknologi Switcher, inovasi dari Universitas Brawijaya, Malang, Jawa Timur.

Switcher merupakan teknologi tepat guna untuk wadah pembenihan ikan kerapu cantang berbasis Internet of Things (IoT). Switcher mampu mengontrol dan menjaga kestabilan kualitas air secara otomatis dan real time dalam keadaan optimal.

Perancang peranti itu Mochamad Chasbi Lizarryadi, S.Pi., dan rekan saat mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa pada 2019. Chasbi melengkapi peranti itu dengan tiga sensor kualitas air yaitu suhu, pH, dan salinitas.

Selain itu terdapat sensor jarak yang dapat memantau ketinggian air di dalam wadah pembenihan. Sementara teknologi microbubble meningkatkan kelarutan oksigen di dalam wadah.

Seluruh komponen itu saling terintegrasi dan dikontrol oleh sebuah mikrokontroler sesuai dengan nilai optimal pembenihan ikan kerapu. “Kualitas air akan terus stabil, dari pH, suhu, salinitas, hingga kelarutan oksigen,” kata alumunus Program Studi Budidaya Perairan, FPIK, Universitas Brawijaya, Malang, itu.

Periset itu mengatakan, mekanisme kerja Switcher sangat mudah. Anda dapat mengetahui lebih lanjut pembahasan tersebut di Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023.

Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023 mengupas tuntas terkait peluang bisnis kerapu. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.