Friday, May 24, 2024

Enzim Papain Tingkatkan Imunitas Kerapu

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— November—Februari menjadi periode penyakit mengintai ikan kerapu. Gejalanya kondisi ikan melemah, insang berubah, dan nafsu makan berkurang. Pemicunya bisa virus atau parasit.

Peternak kerapu di Kelurahan Tembelingtanjung, Kecamatan Teluk Bintan, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau, Drs.Imam Kadarisman, M.Kel., pasti selalu was-was di bulan-bulan itu.

Ia pernah mendapati serangan pada tahun 2020. Ketika itu 10.000 kerapu mati. Kerugian mencapai Rp150 juta. Namun, sejak 2021 ia tidak lagi risau. Rahasianya ia menggunakan suplemen berbahan dasar enzim papain berasal dari buah pepaya.

Imam mencampurkan suplemen pada pakan berupa pelet. Peternak itu menambahkan enzim papain berbentuk serbuk sebanyak 2% pada pakan. Ia membasahi enzim dengan air kemudian mencampurkan ke pakan yang telah disemprot air, lalu mengaduk agar pakan tercampur merata, dan mengiangin-anginkan selama 30 menit.

Frekuensi pemberian enzim papain 3 kali per pekan. Menurut Imam dalam satu siklus budidaya cukup memberikan papain 12 kali. “Ikan yang diberi pakan menggunakan enzim papain lebih tahan penyakit,” kata Imam yang mengelola 12 kolam pembesaran kerapu sejak 2018 itu.

Imam memperoleh informasi pemberian papain berdampak bagus bagi kerapu dari Dr. Ir. Rita Rostika, M.P. Ia tertarik mencobanya pada awal 2021. Apalagi ia mudah memperoleh papain di Tanjungpinang dengan harga sangat terjangkau yakni Rp120.000 per kg.

Selain terlindung dari serangan penyakit, penggunaan papain memangkas masa budidaya kerapu. Imam menebar bibit kerapu cantang berukuran 3 cm sampai dengan 10 cm dalam bak pendederan kemudian ditebar dalam kja dengan padat tebar 20 ekor per m3 dengan masa budidaya 10 bulan.

Sejak menambahkan papain pada pakan, masa budidaya lebih singkat menjadi 5—6 bulan. Kriteria panen ketika kerapu berbobot 500— 800 gram per ekor sesuai permintaan pasar.

Kelebihan lain pemberian enzim papain bisa Anda ketahui lebih lanjut di Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023. Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023 mengupas tuntas terkait peluang bisnis kerapu.

Dapatkan Majalah Trubus Edisi 642 Mei 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Panen Cuan dari Berbisnis Domba Menjelang Hari Raya Idul Adha

Trubus.id—Peternak asal Desa Lampeji, Kecamatan Mumbulsari, Kabupaten Jember Provinsi Jawa Timur, Mohammad Huda Khairon dapat menjual 4.000 domba menjelang...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img