Saturday, August 13, 2022

Duduk Perkara Harga Mahal

- Advertisement -spot_img
Must Read
- Advertisement -spot_img
Aglaonema golden hope, jenis baru silangan Gregori Garnadi Hambali.

Harga tanaman hias hingga puluhan juta lantaran jumlah amat terbatas. Bentuk, warna, dan ukuran daun juga memengaruhi. Namun, populasinya amat minim. Jenis yang harga murah meriah juga banyak.

Trubus — Masyarakat dihebohkan dengan informasi harga-harga tanaman aroid seperti aglaonema, monstera, philodendron, dan anthurium fantastis hingga Rp30 juta. Ada yang meragukan informasi itu. Sebagian orang menganggap semua tanaman harganya Rp30 juta. Padahal tidak. Tak semua tanaman berharga selangit. Penetapan harga selalu tergantung pada ketersediaan pasokan tanaman, kualitas corak daun, serta ukuran daun.

Contoh pada aglaonema, jenis yang termasuk laris di pasar dengan harga terjangkau adalah hibrida lipstik siam aurora. Menurut petani dan pedagang aglaonema di Ciapus, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Gunawan Setyono, tanaman itu murah karena ketersediaan di pasar juga banyak. Hukum ekonomi tetap “bicara” di bisnis tanaman hias aroid. Mengapa jumlahnya banyak? Penangkar memperbanyak secara besar-besaran untuk kebutuhan lanskap.

Monstera adansonii varigata.

Pasar mancanegara

Eksportir tanaman hias di Sawangan, Kota Depok, Jawa Barat, Rico Rusdiansyah, tak hirau bila banyak yang mencemooh bisnis tanaman hias di Indonesia. “Tak masalah bila di Indonesia tidak ada yang mau membeli karena meragukan harga yang tinggi. Saya masih bisa menjual ke luar negeri dan bahkan sampai membuat daftar tunggu pengiriman berbagai jenis aroid,” kata  Rico. (Tamara Yunike)

- Advertisement -spot_img
- Advertisement -spot_img
Latest News

Organik Tinggikan Produksi

Industri parfum, kosmetik, insektisida, dan aromaterapi merupakan beberapa sektor yang memerlukan minyak nilam. Bahkan dalam industri parfum tidak ada...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img