Tuesday, July 23, 2024

Durian Lokal Unggul di Empat Sentra

Rekomendasi
- Advertisement -

Trubus.id— Durian bawor identik dengan Kabupaten Banyumas. Menyebut durian simimang tak bisa lepas dari Kabupaten Banjarnegara. Keduanya hanya beberapa durian lokal yang ikonik karena keunggulannya.

Keunggulan itu  antara lain warna daging buah kuning, porsi yang dapat dikonsumsi besar, yakni di atas 30%, cita rasa paduan manis, legit, dan sedikit pahit di ujung. Banyak daerah yang juga menyimpan durian unggul.

Harap mafhum, variasi atau keragaman durian di Indonesia sangat tinggi. Ketua Yayasan Durian Nusantara, Dr. Mohamad Reza Tirtawinata, M.S. mengatakan bahwa tingginya variasi durian itu karena 85—90% pohon durian di Indonesia berasal dari tumbuhan biji yang hidup liar di hutan atau ladang.

Perkawinan silang di alam bebas menyebabkan tidak ada individu pohon yang persis sama karakternya. Sebagian durian unggul itu seperti simimang dan bawor merupakan kampiun kontes. Semua bermula dari adu lezat durian.

Para juri menilai kualitas durian peserta kontes yang kian marak di berbagai daerah. Melalui sistem penjurian yang ketat, mereka akhirnya menetapkan kampiun dengan kriteria tertentu seperti paduan antara manis, legit, kering, atau sedikit pahit sesuai dengan selera konsumen, warna daging buah, ketebalan daging buah, serta porsi yang bisa dikonsumsi.

Padahal, semula durian itu hanya dikenal terbatas. Simimang hanya berupa pohon induk yang mejulang di Desa Pagelak, Kecamatan Madukara, Kabupaten Banjarnegara. Setelah menjadi kampiun kontes, masyarakat pun mengenal luas.

Dampaknya permintaan jenis durian itu melonjak atau harga melambung—diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan para petani. Oleh karena itu, para petani tergerak membudidayakan secara intensif.

Di beberapa sentra seperti Bangka, Banyumas, Banjarnegara, dan Banyuwangi beberapa petani mengembangkan durian unggul yang menjuarai kontes. Bahkan, petani di luar sentra pun tergerak untuk membudidayakannya.

Beberapa jenis seperti bawor terbukti adaptif meski budidaya di luar sentra. Adaptif itu maksudnya menghasilkan buah yang sama seperti di dalam sentra, Kabupaten Banyumas. Hal itu menggembirakan karena pada umumnya tanaman durian spesifik lokasi.

Sekadar contoh durian matahari asal Bogor, Jawa Barat, menghasilkan buah bercita rasa manis, daging tebal, dan produktif. Sayangnya ketika petani di luar sentra membudidayakan matahari, belum tentu menghasilkan buah berkualitas sama. Anda dapat mengetahui lebih lanjut pembahasan lengkap durian di 4 sentra melalui Majalah Trubus di Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023.

Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023 mengupas tuntas terkait potensi durian lokal unggul di 4 sentra. Dapatkan Majalah Trubus Edisi 640 Maret 2023 di Trubus Online Shop atau hubungi WhatsApp admin pemasaran Majalah Trubus.

- Advertisement -spot_img
Artikel Terbaru

Pakai IoT di Kebun Jeruk, Hasil Panen Optimal

Trubus.id—Penggunaan internet of things (IoT) untuk pertanian turut membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk. Pekebun jeruk di...
- Advertisement -spot_img

More Articles Like This

- Advertisement -spot_img